Bagikan:

YOGYAKARTA - Sudah banyak orang yang menggunakan microvave di dapurnya. Peralatan dapur ini berfungsi untuk mematangkan dan menghangatkan makanan, seperti nasi, daging olahan, ikan, dan telur. Pemakaian microwave sangat memudahkan keperluan di dapur. 

Seperti alat masak lainnya, microwave perlu dirawat agar tidak rusak dan kinerjanya tetap baik. Terkadang, salah satu masalah yang sering dikeluhkan pada microwave adalah bau gosong. Lantas bagaimana cara menghilangkan bau gosong pada microwave?

Ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi aroma gosong pada microwave. Anda bisa membersihkan peralatan microwave dengan beberapa bahan agar tidak menimbulkan bau terbakar. 

Cara Mengilangkan Bau Gosong pada Microwave

Munculnya bau gosong pada microwave disebabkan karena sisa makanan yang mengerak atau wadah yang meleleh. Aroma terbakar ini cukup mengganggu kenyamanan ketika di dapur dan bisa menyebar ke ruangan di rumah. 

Sebenarnya tidak sulit untuk menghilangkan aroma gosong dari microwave. Untuk mengatasi aroma gosong di microwave, Anda perlu beberapa langkah, peralatan, dan bahan berikut ini:

  • Mangkuk microwave
  • Soda kue
  • Kain mikrofiber
  • Sabun cuci piring
  • Lemon
  • Pembersih serbaguna

Mencapurkan Cuka atau Larutan Lemon

Lemon dan cuka putih berfungsi sebagai pewangi alami. Bahan pewangi alami ini dapat membantu menghilangkan bau gosong yang terdapat di microwave. Cara memakainya cukup mudah, yakni tinggal menuangkan cuka dan air ke dalam mangkuk microwave. Bisa juga dengan menggunakan irisan lemon dan dua cangkir air, lalu masukkan mangkuk ke microwave. 

Memanaskan Microwave

Selanjutnya Anda perlu memanaskan microwave dengan pengaturan suhu tinggi. Biarkan microwave dalam keadaan panas sampai larutan mendidih. Usai microwave berhenti, diamkan dulu selama lima menit tanpa membua pintunya. Uap dari larutan bakal melonggarkankan makanan sekitar lima menit sebelum pintu dibuka. 

Membersihkan Microwave secara Mendalam

Cara membersihkan microwave tidaklah merepotkan. Anda hanya perlu memakai spons atau kain yang dicelupkan ke dalam larutan yang sudah dipanaskan. Kemudian lap bagian dalam microwave menggunakan spons atau kain lembap. 

Namun apabila microwave masih tercium aroma terbakar di dalamnya, maka Anda perlu membersihkannya secara lebih mendalam. Terkadang membersihkan sederhana saja tidak cukup buat mengusir bau gosong yang mengendap di microawave. 

Berikut ini langkah-langkah membersihkan microwave secara mendalam untuk menghilangkan bau gosong:

  1. Kukus cuka, air, dan irisan lemon. Kemudian tambahkan cuka putih suling murni ke dalam botol semprot. 
  2. Semprotkan campuran cairan tersebut ke area yang sangat kotor atau pusat bau gosong di dalam microwave.  
  3. Kemudian taburkan soda kue, lalu tinggu sampai suara desisnya berhenti. Soda kue berfungsi sebagai bahan abrasif yang lembut guna menghilankan noda atau kotoran.  
  4. Pakai kain mikrofiber yang sudah dibasahi untuk membersihkan sisa makanan yang menempel. Lalu bilas kain mikrofiber yang baru saja dipakai. 
  5. Apabila bau gosong belum benar-benar sirna atau menghilang, cobalah menggunakan pembersih serbaguna yang banyak ditemukan di pasaran. 
  6. Pakailah spons guna mengaplikasikan bahan pembersih tersebut. 
  7. Jika sisa makanan yang tadinya menempel sudah berhasil hilang, selanjutnya seka seluruh bagian dalam microwave memakai kain yang dibasahi cuka putih. 

Demikianlah cara menghilangkan bau gosong pada microwave yang bisa Anda terapkan. Apabila aroma terbakar di microwave cukup sulit hilang, lakukan pembersihan secara mendalam. Jangan lupa untuk selalu membersihkan dan merawat alat ini secara berkala. Baca juga tips membersihkan peralatan dapur berbahan stainless steel.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan info terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.