7 Cara Menghilangkan Bau Bawang di Tangan, Praktikkan Seusai Memasak
Cara menghilangkan bau bawang di tangan (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Bawang menjadi bumbu dapur yang paling sering digunakan untuk memasak. Setelah mengupas atau mengiris bawang, biasanya baunya akan menempel di tangan. Bau bawang cukup menyengat, mengganggu indera penciuman dan kadang sulit dihilangkan. Lantas bagaimana cara menghilangkan bau bawang di tangan?

Aroma bawang yang melekat di tangan kerap dikeluhkan oleh orang-orang sesudah memasak. Bawang mengandung senyawa sulfur dan allicin yang membuatnya mengeluarkan bau yang cukup menyengat. Namun Anda tidak perlu bingung, sebab ada beberapa cara menghilangkan bau bawang yang bisa Anda lakukan. 

Cara Menghilangkan Bau Bawang

Bau bawang yang tertinggal di tangan memang cukup mengganggu, apalagi jika aroma khas tersebut sulit dihilangkan. Belum lagi jika Anda harus pergi ke luar rumah atau melakukan kegiatan, pasti tidak ingin bau bawang masih menempel di tangan. 

Menghilangkan bau bawang bisa dilakukan dengan bahan-bahan alami maupun yang mudah ditemukan di rumah. Bagi Anda yang sering memasak, berikut ini beberapa cara menghilangkan bau bawang yang bisa Anda terapkan:

Pasta Gigi

Pasta gigi bisa Anda gunakan untuk menghilangkan bau bawang yang menempel di tangan. Oleskan pasta gigi ke seluruh bagian tangan yang terpapar bau bawang, lalu bilas dengan air dingin hingga bersih. 

Selain pasta gigi, Anda juga bisa menggunakan cairan pembersih mulut yang biasanya ada di kamar mandi. Cara menghilangkan bau bawang dengan cairan ini sangatlah mudah, yakni tinggal basuh tangan Anda dengan cairan pembersih mulut. Tangan yang tadinya berbau bawang akan berubah menjadi segar dengan aroma mint.

Baking Soda

Bahan lainnya yang bisa Anda manfaatkan untuk menghilangkan bau bawang di tangan adalah baking soda. Caranya menggunakannya cukup simpel, yaitu campurkan baking soda dengan air hingga membentuk pasta. Setelah itu, pakai pasta tersebut  untuk mencuci tangan dan nantinya bau bawang akan sirna dengan sendirinya. 

Garam

Bahan lainnya yang mudah ditemukan di rumah untuk menyingkirkan bau bawang di tangan adalah garam. Garam dapat berfungsi sebagai eksfoliasi alami untuk tangan, membantu mengatasi bau bawang yang mengganggu. Caranya Anda bisa mencampurkan garam dengan sabun pencuci tangan hingga membentuk pasta, kemudian gunakan seperti memakai lulur atau scrub.

Kopi

Anda juga bisa menggunakan biji kopi utuh atau kopi bubuk sebagai cara untuk mengatasi bau bawang di tangan. Gosokkan kopi ke tangan yang berbau bawang untuk menghilangkan aroma bawang putih maupun merah. Treatment ini secara bersamaan juga membantu mengangkat sel-sel kulit mati dan membuat tangan menjadi lembut serta harum.

Cuka Apel

Cara lain yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan bau bawang di tangan adalah memakai cuka apel. Cuka apel memiliki sifat asam yang berguna untuk mengatasi bau yang kuat. Cukup siapkan beberapa sendok teh cuka apel dan oleskan ke seluruh bagian tangan yang berbau bawang. Biarkan tangan terkena cuka apel hingga mengering, lalu bilas dengan air hingga bersih.

Lemon

Seperti halnya cuka apel, air perasan lemon juga memiliki sifat asam yang efektif dalam menghilangkan bau bawang di tangan. Anda tinggal mengoleskan cairan lemon ke seluruh tangan dan membiarkannya mengering. Kemudian bilas tangan Anda dengan dengan air bersih.

Daun Mint

Daun mint juga bisa Anda gunakan untuk menghilangkan bau bawang yang menempel di tangan. Daun mint dikenal dengan aromanya segar dan khas yang mampu mengatasi bau bawang yang tidak sedap. Caranya dengan meremas beberapa lembar daun mint dengan hingga airnya keluar. Kemudian gosokkan daun mint tersebut pada tangan Anda selama beberapa menit hingga bau bawang benar-benar hilang.

Demikianlah sejumlah cara menghilangkan bau bawang di tangan yang bisa Anda praktikkan setelah memasak. Kini Anda tidak perlu risau akan bau bawang yang menempel di tangan dan mengganggu penciuman. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.