Cara Tepat dan Cepat Menghilangkan Bau Mulut
Ilustrasi (Aaron Amat/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Bau mulut memang sangat mengganggu. Bau mulut berasal dari bakteri sisa makanan yang tersangkut di gigi saat mengonsumsi makanan. Bakteri tersebut akan menumpuk dan jika tidak segera dibersihkan, akan menimbulkan bau tak sedap. Lantas, bagaimana cara menghilangkan bau mulut?

Kunyah daun parsley

Daun parsley memiliki aroma yang segar dengan kandungan klorofil tinggi sehingga dipercaya dapat menghilangkan bau mulut. Anda bisa mengunyah daun parsley segar atau membeli suplemen makanan yang mengandung peterseli.

Jus nanas

Minumlah segelas jus nanas organik setelah makan untuk menghilangkan bau pada mulut. Selain dijus, Anda juga bisa mengonsumsinya secara langsung dengan mengirisnya terlebih dahulu selama 1 hingga 2 menit dan kumur mulut dengan menggunakan gula. Hal ini banyak dipercaya orang sebagai pengobat tercepat dan paling efektif.

Membersihkan gigi

Untuk menghilangkan plak yang menjadi sumber utama bau mulut, Anda bisa menyikat gigi rutin sehari dua kali atau setiap habis makan. Gunakan pasta gigi berfluoride dan sikat gigi selama dua menit untuk meyakinkan bakteri di mulut telah benar-benar hilang. Gunakan dental floss untuk membersihkan sisa-sisa makanan yang menempel di celah gigi. 

Yogurt

Penelitian menunjukkan bahwa yogurt juga dapat membantu mengurangi bau mulut dengan mengonsumsinya selama enam minggu. Probiotik dalam yogurt efektif mengurangi keparahan bau mulut. Anda bisa makan setidaknya satu porsi yogurt tanpa lemak per hari.

Susu

Siapa sangka kalau susu juga dapat menghilangkan bau mulut. Anda bisa minum susu rendah lemak setelah mengonsumsi makanan berbau menyengat seperti bawang putih, bawang merah, dan bawang bombay untuk mencegah bau mulut.