6 Tips Menghilangkan Bau setelah Makan Durian Biar Nggak Menyengat Hidung
Cara menghilangkan bau setelah makan durian (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Banyak masyarakat Indonesia yang tergila-gila dengan buah durian. Para pecinta duren  biasanya doyan melahap berbiji-biji buah beraroma semerbak ini dalam sekali duduk. Namun setelah itu banyak yang mengeluhkan aromanya yang tertinggal di mulut. Ada beberapa cara menghilangkan bau setelah makan durian. 

Di samping rasanya yang nikmat dan bikin nagih, durian menguarkan aroma yang cukup menyengat. Biasanya aroma durian akan melekat atau tertinggal di mulut maupun tangan setelah makan buah ini. Apalagi jika Anda menyantapnya secara berlebihan atau dalam jumlah yang banyak. Lantas bagaimana cara menghilangkan bau sesudah makan durian?

Tips Menghilangkan Bau setelah Makan Durian

Aroma durian yang tertinggal di mulut atau tangan terkadang mengganggu hidung sendiri. Seringkali bau durian yang menyengat juga mengganggu kenyamanan orang lain, apalagi bagi mereka yang anti atau tidak suka duren. 

Bagi Anda pecandu duren, berikut ini beberapa cara menghilang kan bau setelah makan durian agar tidak menyengat penciuman:

Banyak Minum Air Putih

Salah satu tips yang dianjurkan untuk mengusir aroma durian yang menempel di mulut adalah dengan banyak minum air putih. Air putih dapat membantu mengeluarkan sisa-sisa makanan yang nyangkut atau menempel di rongga mulut. 

Dengan minum banyak air putih,produksi air liur pun meningkat untuk mencegah mulut kering. Sebab kondisi mulut kering bisa membuat bakteri tumbuh dan berkembang, kemudian menghasilkan senyawa sulfur yang menyengat di mulut. 

Menggunakan Obat Kumur

Cara lain yang efektif untuk menghilangkan bau durian di mulut adalah menggunakan obat kumur atau mouthwash. Obat kumur yang mengandung klorin dioksida cukup efektif dalam mengatasi bau tidak sedap di mulut. Kandungan tersebut bekerja untuk menghilangkan bakteri, plak gigi, dan sisa-sisa partikel makanan yang tertinggal di rongga mulut. 

Sikat Gigi dan Flossing

Untuk mengatasi bau mulut setelah makan durian, Anda juga bisa melakukannya dengan sikat gigi atau flossing. Anda perlu menyikat seluruh gigi-gigi Anda sampai bagian sela-selanya. Sisa-sisa buah yang menyelip dan tertinggal di gigi dapat menyebabkan penumpukan bakteri dan plak yang bisa meningkatkan aroma tidak sedap di mulut. 

Anda juga bisa menggunakan flossing membersihkan area yang tidak terjangkau dengan sikat gigi. Flossing adalah metode membersihkan sela-sela gigi memakai benang gigi. Namun hindari melakukan teknik flossing yang terlalu keras karena bisa mengakibatkan gusi berdarah. 

Mengonsumsi Makanan Penghilang Bau Mulut

Tips selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah mengonsumsi makanan penghilang bau mulut. Anda bisa memilih berbagai makanan dan minuman yang berfungsi untuk menghilangkan bau tidak sedap di mulut. Misalnya dengan mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C (jeruk, brokoli, mangga, dll) dan yoghurt. 

Kandungan vitamin C akan membuat kondisi mulut yang tidak nyaman untuk pertumbuhan bakteri. Sementara yoghurt mampu menekan kadar senyawa sulfida yang menimbulkan bau tidak sedap di mulut. 

Mengunyah Permen Karet

Mengunyah permen karet juga dapat membantu untuk menghilangkan bau mulut setelah makan durian. Sebuah penelitian dalam Journal of Breath Research menyebutkan bahwa permen karet bisa memicu Anda untuk lebih sering mengunyah. Aktivitas ini akan meningkatkan produksi air liur di rongga mulut, sehingga mencegah aroma tidak sedap. 

Minum Air Kelapa

Anda juga bisa minum air kelapa sebagai langkah untuk mengatasi bau mulut setelah makan durian. Air kepala dikenal sebagai antibakteri dan elektrolit yang mampu menghilangkan aroma tidak sedap di mulut. Selain itu, minuman ini juga dapat mendinginkan perut untuk menetralkan rasa panas yang terkadang dirasakan karena terlalu banyak makan duren. 

Demikianlah beberapa cara menghilangkan bau mulut setelah makan durian. Anda bisa menerapkan salah satu langkah di atas supaya mulut Anda tidak mengeluarkan bau durian yang mengganggu kenyamanan penciuman sendiri maupun orang di sekitar. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.

Terkait