Cara Memilih Durian Matang dan Manis: Sederhana Tapi Terbukti Akurat, Loh!
Cara Memilih Durian Matang dan Manis (Gambar Jim Teo-Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Makan buah durian yang matang memang jadi prioritas bagi kebanyakan orang. Hal itu dikarenakan aromanya yang enak bagi penikmatnya dan juga rasanya yang manis sehingga membuat makan durian itu jadi istimewa. Lantas bagaimana cara memilih durian matang dan manis?

Buah durian menjadi buah favorit di Kawasan Asia Tenggara (ASEAN) terutama di negara kita Indonesia tentunya buah ini sudah jadi primadona bagi penikmatnya. Maka tak heran juga kalau buah ini dijuluki ‘The King of Fruit’, hal itu dikarenakan buah durian punya tekstur yang begitu menarik dengan rasa yang legit.

Banyak penjual nakal yang menjual buah yang masih mentah. Memang kelihatannya secara fisik berwarna kuning matang namun setelah di buka dalamnya zonk. Mengingat harganya yang tak murah juga hal itu tentunya bakalan bikin kesal bukan? Nah agar hal itu tak terjadi, kalian harus tahu dengan ciri-ciri durian yang masak. Untuk penjelasannya bisa kita simak di bawah ini;

Cara Memilih Durian Matang dan Manis

1. Kenali Aroma Durian

Untuk Langkah pertama agar kalian bisa tahu cara memilih durian matang dan manis, kalian harus tahu bagaimana sih aroma durian matang itu. Pasalnya, durian yang beraroma harum biasanya akan mempunyai daging buah yang berwarna kuning dan juga terasa manis. Cara ini sudah jadi rahasia umum yang biasa digunakan orang untuk mengidentifikasi durian.

Lantas bagaimana cara menciumnya? Caranya simple kok, kalian tak perlu harus membelah buah durian agar bisa mencium aromanya. Cukup angkatlah buah durian yang hendak kalian beli dan dekatkan dengan hidung kalian. Biasanya kalau buah bagus tentu memiliki aroma yang khas dan wangi menyengat. Kalian bisa kok membandingkan wanginya dengan durian lainnya. Kalau belum cukup masak biasanya tidak memiliki bau yang kuat.

2. Cermati Bentuk Duri pada Buah Durian

Buat memperoleh buah durian yang sangat sedap serta matang, Kalian mesti mencermati dulu wujud durinya. Pilihlah durian yang mempunyai duri pendek serta jarang karena dipercaya lebih manis. Sebaliknya, bila Kalian memilih durian dengan duri panjang serta rapat, maka siap-siap saja Kalian bakal memperoleh buah dengan daging yang lebih sedikit. Haduh!

Buat tambahan bila Kalian mau mendapatkan buah durian yang masak dengan jumlah yang lebih banyak, maka pilihlah durian yang berbentuk bundar. Faktanya, buah yang wujudnya lonjong mempunyai daging yang lebih sedikit dibandingkan berbentuk bundar.

Sebaliknya, wujud batangnya yang tebal serta pendek mempunyai buah daging yang tebal serta banyak. Tetapi, bila batang panjang serta ramping malah menandakan kalau daging buah lebih sedikit serta tidak tebal.

Umumnya, durian yang betul-betul fresh mempunyai ujung batang yang lembab serta ringan. Bila durian semakin lama jatuh dari pohon, maka semakin gelap serta kering ujung batangnya.

3. Perhatikan Kerapatan serta Berat Kulit Durian

Apakah Kalian membeli durian yang telah terbuka kulitnya supaya dapat melihat warna dagingnya? Bila seperti itu, hati-hati ya... bisa jadi Kalian bakal memperoleh durian yang masak, tetapi rasa dagingnya tidak semanis durian dengan kulit masih tertutup rapat.

Kenapa hal itu bisa terjadi? Pasalnya, saat kulit durian telah terbuka, maka daging di dalamnya bakal terkena angin secara terus menerus. Sehingga, berakibat rasa daging durian bakal berubah menjadi hambar. Alangkah baiknya, Kalian agar membeli durian yang masih tertutup rapat.

4. Perhatikan Warna durian

Mengertikah Kalian, warna buah durian itu tidak berefek pada kelezatan daging di dalamnya. Sejauh ini terdapat 3 warna durian yang biasa Kalian temui di pasaran, yakni hijau, kuning, serta coklat.

Kulit durian yang bercorak hijau belum tentu tidak matang, bisa jadi itu memanglah warna khas dari durian tersebut mengingat banyak nya varian durian saat ini. Bila warna coklat umumnya disangka sudah sangat matang bisa jadi malah isinya zonk. Maka ingat selalu kalau warna kulit durian ini tidak bisa pengaruhi kualitas daging buahnya.

5. Mengeluarkan Bunyi Gema ke Dalam

Ciri lain yang menunjukkan bila durian tersebut telah masak ataupun belum, yakni dengan terdapatnya suara gema yang menuju ke dalam. Hal itu penting banget jadi acuan terkait daging durian yang telah masak serta siap dinikmati.

Buat mengeceknya, Kalian cuma perlu memukul-mukul kulitnya dengan bilah pisau ataupun barang lainnya. Bila terdengar suara gema menuju ke dalam, artinya daging buah telah melunak serta empuk. Sebaliknya, bila durian masih dalam keadaan mentah, maka suara bakal terdengar seolah memantul keluar.

6. Memilih Durian Menurut Musim

Kalau orang dulu biasanya membeli durian akan menunggu musim yang pas, kenapa? Pasalnya karena membeli buah durian bisa berdasarkan masa memanennya. Tidak seperti warna kulitnya, justru musim bisa pengaruhi rasa dari daging buah durian itu sendiri.

Secara umum, durian memanglah bisa berbuah tanpa kenal musim. Tetapi, durian yang dipanen saat hujan dianggap daging buahnya tidak begitu manis serta cenderung hambar. Lain ceritanya dengan durian yang dipanen saat masa kemarau, rasanya jauh lebih manis serta legit.

Nah jadi itulah beberapa cara agar kalian bisa menikmati durian dengan nikmat. Pastikan dulu beberapa tanda-tanda di atas ya agar kalian gak kecewa nantinya. Selamat mencoba!

Jadi setelah mengetahui cara memilih durian matang dan manis, simak berita menarik lainnya di VOI.ID, saatnya merevolusi pemberitaan!