Bolehkah Ibu Hamil Makan Durian? Ketahui Jawabannya di Sini!
Ilustrasi ibu hamil (Lucas Mendes/Pexels)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Bolehkah ibu hamil makan durian? Durian merupakan buah tropis yang banyak ditemukan di Asia Tenggara. Buah ini memiliki tekstur yang lembut serta rasa yang manis. Selain itu, durian juga kaya nutrisi seperti asam folat, kalsium, serat, magnesium, niasin, tiamin, vitamin A, C, E dan nutrisi lainnya.

Kendati mengandung banyak nutrisi, terdapat mitos yang menyatakan bahwa durian tidak baik untuk kesehatan janin dan ibu hamil. Mitos ini membuat ibu hamil khawatir mengonsumsi kehamilan di setiap trimester kehamilan. Lantas, bolehkah mengonsumsi durian saat hamil?

Bolehkah Ibu Hamil Makan Durian?

Di beberapa negara di Asia, termasuk Indonesia, banyak orang yang beranggapan bahwa makan durian saat hamil adalah hal yang tabu karena buah ini bersifat panas, mudah menyebabkan gangguan pencernaan, perut kembung, hot flashes bahkan kanker.

Padahal, tidak ada bukti ilmiah yang menyatakan bahwa durian berbahaya bagi kesehatan ibu hamil dan janin. Malahan, durian jika dikonsumsi dalam jumlah sedang disebut baik untuk ibu hamil karena memiliki banyak vitamin dan mineral penting bagi tubuh, disadur VOI dari laman VinMec Internasional Hospital, Minggu, 22 Januari 2023.

Salah satu nutrisi dalam buah durian yang baik untuk ibu hamil adalah asam folat. Asam folat dalam durian berfungsi mencegah cacat lahir pada calon bayi. Serat yang ada pada durian juga sangat bermanfaat untuk ibu hamil yang berisiko mengalami sembelit.

Selain itu, durian juga memiliki sifat anti bakteri, anti jamur dan anti mikroba, sehingga masih aman dikonsumsi selama kehamilan.

Dikutip dari Halodoc, Kandungan antioksidan dalam durian membuat ibu hamil bisa terlindungi dari serangan radikal bebas dan polutan. Meski banyak manfaatnya, ibu tetap harus mengatur porsi saat makan durian.

Kendati demikian, selama kehamilan ibu hamil tidak boleh mengonsumsi durian dalam jumlah berlebih. Sebab hal itu dapat meningkatkan berat badan calon bayi.

Berat badan bayi yang terlalu besar berisiko menyulitkan ibu ketika menjalani proses persalinan. Hal ini karena durian memiliki jumlah kalori dan gula yang cukup tinggi. Normalnya, kenaikan berat badan selama kehamilan berkisar antara 12-16 kilogram.

Tips Mengonsumsi Durian bagi Ibu Hamil

Ilustrasi buah durian
Ilustrasi buah durian (SpencerWing/Pixabay)

Ibu hamil perlu memperhatikan tips mengonsumsi durian agar kehamilan tetap berjalan normal dan tidak mengganggu perkembangan janin.

Ibu hamil disarankan makan durian dalam jumlah yang wajar, yakni tidak lebih dari 2 potong. Selain itu, jangan mengonsumsi durian terlalu sering.

Ketika mengonsumsi buah durian, pilihlah yang tidak terlalu matang dan tidak memiliki daging tebal. Daging durian yang terlalu matang dan tebal dapat meningkatkan kadar kolesterol di dalam darah. Selain itu, ibu hamil juga disarankan minum banyak air putih setelah mengonsumsi buah durian.

Bagi ibu hamil yang mengidap kondisi tertentu, seperti diabetes gestasional, memiliki riwayat keluarga diabetes, dan mengalami obesitas, tidak dianjukan untuk mengonsumsi buah durian. Hal yang sama juga berlaku untuk ibu hamil yang memasuki trimester ketiga kehamilan.

Demikian informasi tentang konsumsi durian di masa kehamilan. Bolehkah ibu hamil makan durian? Jawabannya boleh, asal jumlahnya tidak berlebihan.