Bagikan:

YOGYAKARTA - Saat posisi hamil memang kita dianjurkan untuk mengkonsumsi berbagai makanan dan minuman yang bergizi untuk menunjang pertumbuhan si janin yang Tengah di kandung. Namun bolehkah ibu hamil makan mie instan? Untuk mengetahui jawabannya, simak ulasan berikut, ya!

Mengingat cita rasa mie instan dan cara membuatnya yang terbilang amat praktis, tak heran jika para ibu hamil mempertanyakan hal seperti ini. Namun tahukah kalian kalau mie instan itu amat rendah tentang kandungan kalori dan gizinya?

Apa Saja Kandungan Mie Instan?

Komponen utama mie instan yaitu tepung terigu. Berdasarkan pedoman Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization), seluruh produk mie instan perlu dilakukan fortifikasi ataupun diberikan bonus nutrisi, semacam vitamin A, vitamin B, asam folat, zat besi, dan zinc.

Tetapi, di sisi lain, mie instan pula memiliki zat pengawet, pewarna, serta perasa. Walaupun kandungan serta kandungannya sudah dinyatakan aman, bila dikonsumsi dalam jumlah banyak, tentu saja tetap tidak baik.

Tidak hanya itu, mengonsumsi terlalu banyak mie instan pula dapat tingkatkan resiko terkena sindrom metabolik, yakni kumpulan gangguan yang terdiri dari tekanan darah tinggi, penumpukan lemak di perut, kadar gula darah tinggi, serta kadar trigliserida tinggi.

Bermacam kendala tersebut timbul akibat tingginya jumlah kalori, lemak jenuh, gula, serta garam dalam mie instan.

Ilustrasi Mie Instan (Gambar ikhsan baihaqi-Unsplash)
Ilustrasi Mie Instan (Gambar ikhsan baihaqi-Unsplash)

Bolehkah Ibu Hamil Makan Mie Instan?

Makanan instan, semacam mie instan, memanglah dapat jadi pemecahan cepat buat ibu hamil yang kerap lapar. Tetapi, perlu diingat kalau tiap makanan yang disantap ibu hamil bisa mempengaruhi kehamilan serta perkembangan janin.

Kandungan garam ataupun sodium yang tinggi dalam mie instan bisa merangsang terbentuknya peningkatan tekanan darah ataupun hipertensi. Saat berbadan dua, keadaan ini bisa beresiko untuk ibu hamil ataupun janin.

Tidak ada literatur pasti yang menarangkan seberapa sering ibu hamil boleh mengkonsumsi mie instan. Bila ibu hamil sangat mau menikmati mie instan, boleh saja, asalkan tidak terlalu sering.

Apabila mau makan mie instan, berikut ini merupakan beberapa panduan yang dapat ibu hamil jalani:

  • Batasi jumlah bumbu yang digunakan sampai setengahnya ataupun buat bumbu sendiri.
  • Tambahkan protein, semacam telur, seafood, ataupun daging.
  • Tambahkan sayur-mayur, semacam wortel, tomat, sawi, brokoli, ataupun bayam.
  • Pastikan semuanya sudah dimasak sampai matang.

Daripada makanan olahan, Bumil hendaknya mengkonsumsi masakan yang sehat serta natural demi tumbuh kembang buah hati dalam kandungan. Jadi, perhatikan apa yang Bumil makan, sebab semua yang disantap Bumil bakal mempengaruhi keadaan janin.

Boleh tidaknya ibu hamil makan mie instan pula bergantung kondisi kesehatannya. Oleh sebab itu, Bumil jangan ragu buat bertanya dengan dokter buat mengetahui asupan gizi yang tepat sepanjang kehamilan.

Daftar Makanan yang Harus Dihindari saat Hamil Muda

Selain penuhi kebutuhan gizi seimbang saat hamil, ibu juga disarankan untuk menjauhi jenis makanan tertentu guna menjaga kesehatan janin selama kehamilan. Berikut merupakan sejumlah makanan yang mesti dihindari ketika hamil muda yang perlu ibu ketahui.

  1. Jeroan
  2. Ikan Mentah
  3. Steak Setengah Matang
  4. Telur Setengah Matang
  5. Buah dan Sayur yang Tidak Higienis
  6. Makanan Laut Tinggi Merkuri
  7. Susu Mentah
  8. Alkohol
  9. Minuman Berkafein

Selain itu kalian perlu tahu juga ”Apakah Ibu Hamil Boleh Disuntik Divaksin COVID-19?”.

Jadi setelah mengetahui apakah bolehkah ibu hamil makan mie instan, simak berita menarik lainnya di VOI.ID, saatnya merevolusi pemberitaan!