Kaya Nutrisi, Ketahui Manfaat Buah Durian bagi Ibu Hamil
Ilustrasi Buah Durian (Hong Son/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Banyak anggapan yang mengatakan kalau ibu hamil dilarang mengonsumsi durian karena dapat menyebabkan janin kepanasan, pendarahan, cacat lahir, bahkan kematian. Padahal, sampai sekarang belum ada penelitian yang membuktikan kalau konsumsi durian pada ibu hamil itu berbahaya. Jika ibu mau, durian dapat dimakan dengan porsi wajar dan tidak terlalu sering. Alih-alih dipercaya membawa petaka, buah durian justru mengandung nutrisi penting bagi bumil.

Melansir dari HerStory, Senin, 18 Oktober, berikut manfaat konsumsi buah durian bagi ibu hamil.

Menambah stamina

Rasa lemas memang kerap melanda ibu hamil. Untuk mengatasinya, Anda bisa konsumsi durian sebab buah ini mengandung karbohidrat, gula, dan kalori yang dapat meningkatkan energi.

Menjaga kadar gula darah

Memiliki kandungan serat, lemak, kalium, dan antioksidan tinggi, buah durian bisa menjaga indeks glikemik tubuh agar tetap normal.

Melindungi otak dan tulang belakang janin

Asam folat merupakan nutrisi penting bagi janin dan ibu hamil. Selain kaya serat, lemak, kalium, dan antioksidan, asam folat juga terkandung dalam buah durian. Kandungan folat pada durian bermanfaat bagi perkembangan janin seperti melindungi otak dan tulang belakang, menunjang pembentukan saraf, serta mencegah cacat lahir. 

Mencegah kolesterol tinggi

Orang kerap berpikir kalau durian menjadi penyebab naiknya kolesterol dalam tubuh. Padalah, kolesterol berasal dari lemak hewani, bukan nabati. Justru kandungan serat pada durian dapat menjaga kadar kolesterol dan menghindari sembelit.