Aturan Makan Kurma untuk Ibu Hamil Berdasarkan Penelitian dan Sudut Pandang Islam
Aturan Makan Kurma Untuk Ibu Hamil (Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Menjelang akhir kehamilan dan persalinan, saatnya untuk meninjau cara alami untuk memfasilitasi kedatangan bayi. Fokus pada kurma, buah yang terkenal, dengan banyak manfaat untuk masa depan dan ibu muda. Adakah aturan makan kurma untuk ibu hamil?

Kami akui, awalnya buah kering ini belum tentu masuk radar kami. Namun, makan segenggam kurma ternyata lebih bergizi daripada yang dipikirkan sebagian orang. Berikut adalah beberapa manfaat makan kurma selama kehamilan, terutama pada paruh terakhir kehamilan, untuk mempersiapkan persalinan.

Aturan Makan Kurma Untuk Ibu Hamil

Buah Kurma Muda (Unsplash)
Buah Kurma Muda (Unsplash)

Sebetulnya tak ada peraturan pastinya sih mengenai seberapa banyak konsumsi kurma yang banyak buat ibu hamil. Namun demikian, jika yang Anda baca dari situs Healthline, ibu hamil disarankan mengkonsumsi kurma tak lebih dari separuh cangkir sampai satu cangkir per harinya.

Sementara itu, berdasarkan ajaran Islam, betapa bagusnya buat Ibu Hamil mengkonsumsi kurma dengan jumlah ganjil. Hal ini juga sebagaimana dengan sunah dari Rasulullah SAW.

Anda boleh mengkonsumsi kurma ini dalam waktu kapan saja. Namun, diinfokan dari situs Firstcry Parenting, sebagian pakar menceritakan jika waktu mengkonsumsi kurma yang lebih bagus ialah di pagi hari. 

Serupa juga dengan sebuah hadist dari HR Bukhori yang mengungkapkan waktu terbaik untuk mengkonsumsi kurma yakni ketika pagi hari. Sebagian ragam kurma yang dianjurkan buat dikonsumsi bumil yaitu kurma ajwa, kurma hitam, serta kurma muda.

Manfaat Makan Kurma Selama Kehamilan

Kurma menawarkan banyak manfaat nutrisi selama kehamilan. Anda tahu perasaannya? Suatu hari Anda merasa hebat, dan hari berikutnya Anda lelah dan tidak bisa berpikir jernih. Terima kasih, kabut otak kehamilan!

Ketahuilah bahwa semakin banyak nutrisi dan vitamin yang Anda berikan pada tubuh Anda, semakin baik perasaan Anda secara fisik dan mental.

Kurma adalah buah dari pohon kurma yang merupakan salah satu jenis tumbuhan berbunga. Kurma adalah salah satu buah yang paling manis. Meskipun itu adalah gula alami. Makan buah kering ini adalah cara yang lebih sehat untuk memuaskan rasa manis Anda daripada permen tradisional. Dan karena merupakan sumber fruktosa alami yang baik, kurma dapat memberi Anda energi untuk melawan kelelahan akibat kehamilan.

Namun manfaat nutrisi tidak berhenti di situ. Kurma juga sarat dengan serat, yang membuat sistem pencernaan Anda bekerja dengan baik. Akibatnya, Anda cenderung menderita sembelit terkait kehamilan.

Kurma juga kaya akan potasium, mineral yang membantu mengendurkan pembuluh darah dan menurunkan tekanan darah.

Kurma merupakan sumber folat, yang membantu mengurangi kemungkinan cacat lahir. Mereka juga menyediakan zat besi dan vitamin K. Meningkatkan jumlah zat besi dalam makanan Anda dapat meningkatkan tingkat energi Anda dan memerangi anemia defisiensi besi. Selain itu, vitamin K membantu pertumbuhan tulang bayi Anda yang kuat dan dapat meningkatkan fungsi otot dan saraf.

Kurma juga kaya akan potasium, mineral yang membantu mengendurkan pembuluh darah dan menurunkan tekanan darah.

Tindakan Pencegahan Saat Makan Kurma Selama Kehamilan

Kurma tidak hanya sehat, tetapi juga aman dikonsumsi selama kehamilan. Tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa kurma memiliki efek negatif selama trimester pertama, kedua, atau ketiga kehamilan.

Justru sebaliknya, sebenarnya: Makan kurma dapat memberikan efek positif dan membantu Anda merasa lebih baik, terutama jika Anda sedang mengalami kekurangan energi atau sembelit.

Karena desas-desus tentang kurma membuat persalinan lebih mudah - lebih dari itu sebentar lagi - beberapa orang mungkin mencobanya untuk pertama kali saat hamil.

Untuk alasan ini, satu tindakan pencegahan adalah (sangat tidak mungkin) risiko reaksi alergi terhadap kurma. Tanda-tanda reaksi termasuk kesemutan, gatal, atau bengkak di sekitar mulut atau lidah Anda. Jika gejala ini berkembang, segera hentikan makan kurma.

Ingatlah bahwa kurma juga tinggi karbohidrat dan kalori, jadi jangan berlebihan jika OB Anda menyuruh Anda untuk memperhatikan asupan kalori atau gula darah. Batasi diri Anda hingga enam kencan sehari.

Jadi setelah mengetahui aturan makan kurma untuk ibu hamil, simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!