Mesti Jaga Kondisi, Stres saat Hamil Bisa Berdampak pada Janin
Ilustrasi ibu hamil perlu mengelola stres (Pexels/Yan Krukov)

Bagikan:

JAKARTA – Kelahiran sang buah hati dinantikan selama 9 bulan 10 hari. Dalam masa penantian tersebut Moms dan pasangan perlu menjaga kondisi, baik kondisi kesehatan fisik maupun mental. Berpikiran positif memang bukan pekerjaan yang mudah, tetapi Moms perlu menjaga agar tak mengalami stres pada masa kehamilan.

Pada masa kehamilan, calon ibu membutuhkan perhatian ekstra. Mulai dari asupan gizi yang memadai, tak boleh kelelahan, hingga hindari banyak pikiran. Apabila sedang banyak pikiran, usahakan untuk mengelola stres agar tidak mengalami dampak berikut pada janin.

Tumbuh kembang janin terganggu

Efek stres pada ibu yang sedang mengandung, berdasarkan penelitian yang dilakukan The Scientific Association of Psychology, berdampak pada hormon yang diproduksi oleh tubuh. Hal tersebut bisa berdampak kelahiran janin prematur maupun berat bayi di bawah berat ideal.

Memengaruhi perkembangan otak

Kondisi ibu dan janin saling memengaruhi, apabila ibu mengalami stres maka janin akan merasakannya juga. Maka Moms perlu menjaga kondisi emosi ketika sedang hamil ya.

Berkaitan dengan dampak pada proses tumbuh kembang, ketika stres tak dikelola dengan tepat bisa memengaruhi pula perkembangan otak janin.

Asupan oksigen berkurang

Stres memengaruhi pembuluh darah, terutama pada ibu hamil bisa memproduksi hormon epinephrine dan norepinephrine yang membuat pembuluh darah menyempit. Dampaknya asupan oksigen pada janin terbatas.

Dampak dari stres ketika hamil pada trimester pertama pada kesehatan bayi setelah lahir. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan jangka panjang, stres sangat besar pengaruhnya ketika hamil. Penelitian tersebut melaporkan bahwa ibu yang mengalami stres pada saat hamil, anaknya cenderung mengalami penyakit jantung, diabetes, maupun darah tinggi.

Untuk mengatasi stress, Moms bisa berdiskusi dengan pasangan caranya yang tepat. Cara ini agar Moms mendapat dukungan dari calon ayah. Selain cara tersebut, atur pola makan sehat serta rutin olahraga yang khusus untuk ibu hamil. Moms juga bisa rutin bermeditasi serta yoga.