Tips untuk Introver, Begini Cara <i>Self Care</i> Mengatasi Stres
Ilustrasi cara self care untuk introver (Unsplash/rw studios)

Bagikan:

JAKARTA – Seseorang yang introver suka menikmati waktu sendirian. Bahkan ketika bekerja di rumah seperti saat pandemi, introver enggak banyak menghabiskan waktu kontak sana-sini. Tetapi, meski enggak banyak membuka obrolan bukan berarti seorang introver jauh dari tekanan dan stres.

Merawat jiwa dan raga juga dibutuhkan introver. Meski interaksi sosial terbatas dan karakter personal yang lebih bisa menikmati kesendirian, begini tips self care yang bisa dilakukan agar terhindar dari perasaan gloomy, tertekan, hingga stres.

Berkebun atau merawat tanaman

Banyak studi yang mengulik tentang manfaat positif dari berkebun dan merawat tanaman. Aktivitas terapeutik macam berkebun ini bisa membuat seseorang fokus pada sesuatu. Bisa juga dijadikan aktivitas yang menjernihkan pikiran.

Olahraga yang menyenangkan

Ada berbagai jenis olahraga, misalnya olahraga di dalam ruangan atau di luar ruangan. Seorang introver bisa merilis stres dengan olahraga di luar ruangan. Baik dengan beryoga, bersepeda, maupun jalan ke sekitar kompleks tempat tinggal.

Jangan jeda untuk lakukan kebiasaan baru, ya. Seperti menghindari kerumunan, memakai masker, dan pilih tempat-tempat yang terbuka. Anda bisa memasang headphone dan mendengarkan musik sambil jogging, walking, maupun cycling.

Membersihkan, mengatur, dan merapikan barang di rumah

Aktivitas declutering juga akan bermanfaat bagi seseorang introver. Analogi paling mudah, apabila tempat tinggal rapi dan terorganisir maka berkemungkinan jauh dari stres.

Masak makanan spesial

Memberi reward untuk diri sendiri berupa memasak makanan favorit bisa termasuk self care. Anda bisa membeli bahan lewat marketplace dan jadwalkan waktu me time untuk menikmati momen meracik, mengolah, dan menikmati makanan yang dimasak sendiri.

Menulis jurnal

Apa yang membuat seseorang bersyukur, perlu dituliskan dalam sebuah jurnal personal. Menulis jurnal atau buku harian yang berisi tulisan-tulisan tentang lintasan pikiran, emosi, maupun ucapan syukur bisa membuat beban hidup lebih ringan.

Bahkan manfaat self care yang satu ini tidak hany bisa dilakukan oleh seorang introver. Setiap orang bisa melakukannya.

Mandi air hangat

Cara self care ini paling murah, sebab tinggal menikmati air suam-suam yang merilekskan. Anda bisa memasukkan playlist musik yang mengiringi aktivitas mandi. Bisa juga berendam dan bersantai sebentar.

Adakah cara-cara di atas masuk dalam daftar Anda untuk self care?