Produktivitas Tak Berlawanan dengan Self-Care, Begini 6 Cara Agar Seimbang
Ilustrasi cara agar produktivitas dan self-care seimbang (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Tetap produktif tetapi tak abai dalam merawat diri, bisa dilakukan. Sebab keduanya tak berlawanan, maka keseimbangan bisa mendukung produktivitas dengan melakukan self-care. Bagaimana cara agar produktivitas seimbang dengan perawatan diri? Dalam merawat diri, Anda tak memerlukan rebahan seharian yang justru mengganggu ritme tidur. Maka, ikuti tips berikut ini.

1. Cukup istirahat tetapi tidak dengan waktu yang panjang

Ukuran seimbang bisa sangat relatif. Tergantung apa aktivitas dan bagaimana Anda mengelola jadwal Anda seharian. Kalau Anda ingin tetap produktif dalam menyelesaikan tugas sesuai rencana, tetapi sekaligus merawat diri, cobalah untuk memanfaatkan jeda waktu. Jangan ambil aktivitas yang terlalu ekstrim sekaligus. Anda tetap bisa duduk di sofa menikmati kopi panas dan kukis, tetapi tetap bisa bertemu klien penting dengan performa terbaik. Artinya, atur waktu Anda dengan baik sehingga tetap bisa memanfaatkan waktu senggang 45 menit untuk relaksasi.

2. Identifikasi aktivitas yang bisa dilakukan secara bersamaan

Perawatan diri dan produktivitas bukan hal yang berlawanan. Artinya, keduanya bisa dilakukan bersamaan. Maka mulai identifikasi aktivitas Anda. Cari peluang untuk bisa santai, misalnya ketika berjalan dari satu gedung ke gedung lain, nikmati udara luar. Ini juga bisa jadi hiburan yang mendukung perawatan diri sekaligus tetap produktif.

cara agar produktivitas dan self-care seimbang
Ilustrasi cara agar produktivitas dan self-care seimbang (Freepik)

3. Gunakan kreativitas

Salah satu cara untuk menjadi lebih produktif, menurut Alice Boyes, Ph.D. dilansir Psychology Today, Senin, 14 Agustus, adalah dengan menargetkan kreativitas Anda. Bukan dengan memperbanyak volume kerja, tetapi Anda bisa memecahkan masalah secara kreatif. Ketika Anda lebih kreatif, Anda akan menghasilkan karya yang lebih unik yang menggabungkan lebih banyak dari Anda, dan ini bisa terasa seperti perawatan diri.

4. Alokasikan self-care setelah produktif

Sehabis beraktivitas, Anda perlu mengevaluasi. Mulai dari evaluasi waktu hingga capaian. Nah, setelah merencanakan waktu produktif, alokasikan waktu untuk self-care. Perlu dipahami betul, lakukan aktivitas harian secara realistis. Karena Anda bukan robot, maka sisakan energi untuk self-care saat menutup tugas Anda hari ini.

5. Memelihara hubungan kerja yang mendukung

Merasa didukung juga termasuk self-care. Maka memelihara hubungan kerja yang mendukung juga merawat diri dalam aktivitas produktif. Karena ini untuk mencapai tujuan jangka panjang, maka kenali teman-teman Anda. Kenali potensi mereka sehingga Anda bisa mendapatkan dukungan ketika mendapatkan masalah.

cara agar produktivitas dan self-care seimbang
Ilustrasi cara agar produktivitas dan self-care seimbang (Freepik/gpointstudio)

6. Tumbuhkan pengetahuan diri

Ketika Anda mendengar bahwa dengan rebahan seharian merupakan self-care, Anda bisa mencobanya. Tetapi penting untuk mengevaluasi pengaruhnya pada diri. Kalau itu membuat Anda segar kembali, artinya bisa dimasukkan dalam daftar perawatan diri. Namun kalau rebahan seharian membuat Anda lesu pada hari berikutnya, coret cara ini.

Pengetahuan diri itu penting, karena dengan begitu Anda kenal apa yang dibutuhkan dan yang perlu dilakukan ketika membutuhkan perawatan diri.