Mengenal Butterfly Hug untuk Terapi Emosi, Begini Cara Melakukannya
Ilustrasi butterfly hug (Freepik/garetsvisual)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Teknik butterfly hug bermanfaat untuk meredakan rasa cemas atau emosi yang meledak-ledak. Setiap orang pastinya pernah merasa gelisah dan cemas yang berlebihan hingga merusak mood dan mengganggu aktivitas. Jika kerap mengalaminya, Anda perlu mengenal butterfly hug untuk mengatasi kondisi tersebut. 

Banyak yang belum tahu apa itu butterfly hug. Pelukan kupu-kupu atau butterfly hug adalah teknik terapi untuk menjaga kestabilan emosi. Metode terapi ini pertama kali dikenalkan oleh Lucina Artigas dan Ignacio Jarero pada tahun 1998, saat menolong korban bencana alam badai Pauline di Meksiko. 

Metode butterfly hug terbukti cukup efektif memulihkan perasaan negatif dan traumatis para korban bencana alam yang selamat. Seiring berjalannya waktu, teknik ini semakin populer digunakan untuk terapi meredakan perasaan negatif pada diri seseorang, seperti cemas, gelisah, dan trauma. Lantas apa saja manfaat butterfly hug dan bagaimana cara melakukannya?

Manfaat Butterfly Hug

Sejak pertama ditemukan tahun 1998, metode butterfly hug semakin sering diterapkan dalam terapi atau penyembuhan psikologi. Teknik terapi ini bahkan berkembang menjadi standar praktik yang dilakukan oleh psikolog, dokter, dan terapis untuk mengatasi perasaan negatif kliennya. 

Berdasarkan artikel ilmiah The Butterfly Hug Method for First Responders Self-Care, terapi memeluk diri berguna untuk memproses ulang emosi dan sensasi fisik. Berikut sejumlah manfaat butterfly hug bagi kesehatan mental

Memulihkan Trauma

Teknik butterfly hug cukup efektif digunakan sebagai terapi untuk memulihkan trauma. Saat dihantui oleh rasa trauma, penderitanya akan mengingat peristiwa buruk yang pernah dialaminya. Kondisi ini dapat membuat penderita mengalami gangguan kecemasan dan depresi. Dengan menerapkan butterfly hug secara konsisten, maka dapat menghilangkan rasa cemas dan ketakutan akan masa lalu serta membuat perasaan jauh lebih tenang. 

Mengurangi Kecemasan

Manfaat lainnya dari butterfly hug adalah untuk mengatasi kecemasan. Rasa cemas yang berlebihan bisa membuat seseorang menjadi tidak tenang, sehingga sangat mengganggu kehidupan sehari-hari. Terapi butterfly hug dapat mengurangi kecemasan, yakni mengendalikan pikiran dan tubuh untuk membangun perasaan tenang. 

Meredakan Emosi

Butterfly hug juga bermanfaat untuk membantu mengontrol emosi seseorang. Biasanya saat seseorang sedang dalam emosi yang meluap-luap, mereka cenderung kesulitan mengatur emosi. Terapi butterfly hug dapat menyeimbangkan senyawa kimia dalam otak yang berfungsi untuk mengatur suasana hati. Selain ini terapi ini juga memunculkan hormon endorfin atau penghilang rasa stres. 

Cara Melakukan Butterfly Hug

Terapi butterfly hug bisa dilakukan dengan mudah secara mandiri, tanpa perlu bantuan alat atau ruangan khusus. Berikut ini langkah-langkah melakukan teknik butterfly hug.

  • Pertama, ambil posisi nyaman terlebih dahulu untuk melakukan butterfly hug.
  • Silangkan kedua tangan di depan dada. Masing-masing jaring tangan memegang lengan atas atau pundak dengan posisi senyaman mungkin. 
  • Kedua mata dipejamkan sambil mengatur napas. Fokuskan dan tenangkan pikiran Anda.
  • Gerakkan tangan Anda menepuk-nepuk pundak secara perlahan. Lakukan gerakan ini seperti sayap kupu-kupu yang mengepak dan ulangi selama beberapa menit.
  • Sembari melakukan gerakan menepuk pundak, coba Anda hayati segala rasa emosional dan fisik Anda. Ucapkan kalimat-kalimat positif untuk memotivasi diri Anda, seperti ‘terima kasih pada diriku yang telah berjuang’, ‘aku kuat dan baik-baik saja’, ‘aku pasti bisa’, dan sebagainya.
  • Apabila perasaan sudah rileks dan merasa cukup baik, Anda bisa melepaskan pelukan. 

Demikianlah ulasan mengenal butterfly hub sebagai metode meredakan kecemasan dan menjaga emosi tetap stabil. Selain berguna untuk mengatasi dan mengurangi perasaan negatif, terapi ini juga bermanfaat untuk meningkatkan kepercayaan diri. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.