Penyendiri Tapi Memiliki Jiwa Seni Tinggi, Inilah yang Perlu Anda Tahu tentang ISFP
Ilustrasi (Pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - ISFP merupakan singkatan dari introversion, sensing, feeling, dan perceiving. Dalam Myers-Briggs Type Indicator (MBTI), tipe ISFP dikenal sebagai tipe petualang. Dikatakan demikian karena tipe ini sangat senang mengeksplorasi berbagai jenis konvensi sosial dan dengan talentanya menyulapnya menjadi sebuah karya yang kaya akan nilai etis dan estetis.

Empat kata dalam ISFP bisa dibaca dengan aturan: introversion (cara seseorang memusatkan perhatian), sensing (cara seseorang memahami informasi dari luar), feeling (cara seseorang menarik kesimpulan dan membuat keputusan), dan perceiving (menunjukkan pola hidup seseorang). 

Dengan demikian tipe ISFP merupakan seorang yang introvert. Mereka akan terlihat sebagai pendiam, terutama di lingkungan yang tidak mereka kenal. Namun mereka fokus pada detail dan lebih memusatkan pikiran pada momen saat ini. Mereka memiliki kepekaan yang tinggi, teliti, terutama pada suara, rasa, perasaan, dan bau. Jadi, kehidupan mereka selalu dipenuhi dengan sensasi.

Hal itulah yang menjadikan kebanyakan pemilik tipe kepribadian ISFP menjadi para seniman sejati, apapun bidang seni yang digelutinya. Kepekaannya yang tinggi akan membantunya bisa merasakan apa yang tidak bisa dirasakan orang-orang pada umumnya. Ketelitiannya membuat mampu melihat hal-hal yang jarang menjadi perhatian orang.

Selain itu, seorang ISFP memiliki kepekaan yang tinggi terhadap perasaan orang lain. Mereka orang yang ramah, sensitif, rendah hati, fleksibel, dan tidak suka menonjolkan diri. Mereka peduli kepada orang lain dan selalu berorientasi pada pelayanan. Bahkan seorang ISFP tidak tertarik untuk jadi seorang pemimpin karena mereka tidak suka mengontrol orang lain. 

Hal lain yang mendukung seorang ISFP menjadi seorang seniman yakni nalurinya yang sangat tertarik pada kecantikan dan estetika. Mereka akan senang mengapresiasi keindahan alam dan cenderung penyuka binatang.

Semua hal di atas menjadi faktor penting kenapa seorang ISFP dapat menjadi seorang seniman dan menciptakan karya yang mampu menggugah perasaan orang lain. 

Selain itu, seorang ISFP juga memiliki nilai-nilai yang digenggam erat dan konsisten dengan nilai yang mereka percayai itu. Mereka juga lebih senang bekerja di tempat yang mengizinkan mereka bebas berekspresi. Mereka senang bekerja dengan bebas dalam mewujudkan tujuan pribadi.

Secara sosial, seorang ISFP adalah seorang yang ingin hidup bebas. Mereka senang mengacaukan harapan tradisional dengan eksperimen dalam keindahan dan perilaku. Dan seperti halnya dirinya yang tidak ingin mengatur orang lain, seorang ISFP juga tidak ingin diatur oleh orang lain. 

Hubungan sosial seorang ISFP dengan sosialnya lebih tertuang dalam ide-ide yang tercermin dalam karya-karya. Mereka juga senang menafsirkan ulang hubungan tersebut, menemukan kembali dan bereksperimen dengan diri mereka dan perspektif baru. Tidak ada tipe kepribadian lain yang mengeksplorasi dan bereksperimen dengan cara ini lebih dari mereka.

Meskipun seorang ISFP senang menyendiri dan mejauh dari perhatian orang lain, dan ini mengherankan orang-orang di sekitarnya. Namun hanya karena mereka sendirian, bukan berarti orang dengan tipe kepribadian ini hanya duduk diam. Mereka menggunakan waktu ini untuk introspeksi, menilai dan mengevaluasi ulang prinsip mereka.

Seorang ISFP lebih suka merenung dan memikirkan siapa diri mereka sendiri. Yang menarik adalah mereka tidak berkutat pada masa lalu atau pun masa depan, tetapi mereka fokus pada waktu atau momen ini. Mereka selalu menyibukkan diri untuk menemukan cara memenuhi gairah mereka.

Seorang ISFP mandiri dan orisinil yang membutuhkan ruang pribadi. Orang lain yang tidak mengenal ISFP dengan baik akan menganggap mereka sebagai orang yang tidak peduli pada hidupnya sendiri. Padahal, seorang ISFP sangat peduli dan serius berpikir tentang kehidupannya.

Meskipun suka menyendiri, bukan berarti seorang ISFP tidak ikut bergaul di lingkungannya. Mereka tergolong cepat menyesuaikan diri dengan lingkungan bertindak lebih baik daripada sebagian besar yang lain. Kepribadiannya yang ramah juga memiliki pesona yang sangat menarik bagi lingkungan sekitarnya.

Namun jangan coba-coba melontarkan kritik yang kira-kira akan menyinggungnya. Sebagian dari mereka dapat mengatasi kritik yang dirangkai dengan baik, menilainya sebagai perspektif lain untuk mendorong memenuhi gairah mereka pada arah yang baru. Namun jika kritik tersebut lebih menusuk dan kurang dewasa, mereka dapat marah dengan cara yang luar biasa.

Namun sisi baiknya adalah seorang ISFP bukanlah pendendam. Ketika suatu masalah telah berlalu maka mereka akan memiliki kecenderungan untuk menganggap yang lalu biarlah berlalu kemudian melanjutkan semuanya seperti tidak pernah terjadi apa-apa.

Yang terakhir yang mungkin menjadi ciri khas seorang ISFP adalah mereka tidak nyaman dengan teori dan konsep. Tetapi jangan salah, jika teori dan konsep tersebut terdapat aplikasi yang bisa dikerjakan, mereka akan melakukannya. Selain itu, ketika belajar, seorang ISFP akan gampang bosan dengan cara yang tradisional.

Ciri-ciri Orang yang Berkepribadian ISFP

Untuk mengenali orang-orang dengan kepribadian ISFP, kamu bisa mengamatinya dengan mengikuti ciri-ciri seorang ISFP berikut.

1. Seorang ISFP memiliki pemikiran yang simpel dan praktis. Mereka orang yang ramah, sensitif, rendah hati, fleksibel, dan tidak suka menonjolkan diri.

2. Ketika sedang dihadapkan pada berbagai pilihan, seorang ISFP seringkali menunda untuk membuat keputusan. Dia akan menunggu apakah bakal ada perubahan atau mungkin bakal muncul pilihan-pilihan baru yang sekiranya lebih baik lagi.

3. Sebisa mungkin seorang ISFP akan menghindari terjadinya konflik. Mereka lebih memilih untuk tidak memaksakan pendapat atau nilai yang dipercayainya kepada orang lain.

4. Sebagai seorang introver, orang dengan seorang ISFP butuh waktu untuk menyendiri setelah menghabiskan waktu bersama orang lain. Ketika menyendiri, ia sedang mengisi ulang energi tubuhnya. Selain itu, seorang ISFP juga lebih suka berkumpul dengan teman, keluarga, dan orang-orang yang benar-benar dekat daripada dengan orang banyak yang tidak ia kenal dengan baik.

5. ISFP merupakan orang yang bisa dipercaya dan loyal, terutama pada orang yang dianggap penting bagi mereka. ISFP adalah seseorang yang individualistik, mereka tidak suka memimpin ataupun memiliki pengikut.

6. seorang ISFP mudah mengerti perasaan individu lain dan mencoba membantu mereka untuk bangkit dan meminimalkan konflik.

7. Menjadi peduli pada perasaan individu lain, mereka menggunakan kreativitas untuk berbicara pada hati individu lain. Jiwa penuh imajinasi dan penasaran mereka akan membantu seorang ISFP dengan cara yang tak terduga.

8. Seorang ISFP memang kadang pemalu dan perasa, namun jika mereka sudah menemukan hal yang membuat mereka tertarik, maka mereka akan meninggalkan hal yang lain.

9. Seorang ISFP penasaran atau ingin tahu pada hal-hal yang mereka sukai berkaitan dengan seni atau kemanusiaan.

10. Seorang ISFP mampu menunjukkan kreativitas mereka dalam bentuk nyata dan keindahan. Apakah itu dalam hal menulis sebuah lagu, melukis, atau mempresentasikan statistik dalam grafik, seorang ISFP mampu memvisualisasikan sesuatu yang dapat menggerakkan hati penontonnya.

11. Ketika ada sebuah masalah, orang dengan tipe ISFP akan menghadapinya dengan serius. Kamu bisa mengenali orang berkepribadian ISFP dengan ciri mereka itu pendiam dan tenang. Tapi, begitu ISFP mengenal kamu dengan baik, mereka akan lebih terbuka.

12. Seorang ISFP lebih sering memberikan perhatian melalui tindakan dari pada hanya sekedar kata-kata. Mereka tidak menyukai hal yang biasa saja, tugas yang rutin pun tidak disukai kecuali kalau memang hal tersebut diperlukan.

13. Seorang ISFP bisa sangat jeli dan teliti pada hal-hal rinci dan detail. Dia bisa jadi pengamat yang baik untuk hal-hal yang ada di sekitarnya.

14. Hal-hal yang terlalu teoritis kurang disukai oleh seorang ISFP. Dia lebih suka hal-hal yang praktis dan bisa segera dilakukan untuk menyelesaikan situasi atau keadaan yang ada. Kalau ada sesuatu yang terlalu ribet atau rumit dilakukan, dia akan mencari solusi atau jalan keluar yang lain.

Kelebihan dan Kekurangan Seorang ISFP

Sampai di sini mungkin yang terdengar dari seorang ISFP adalah kelebihan-kelebihannya. Namun bukan berarti mereka tidak punya kekurangan. Sama seperti halnya sesuatu pasti memiliki kelebihan dan kekurangan. Berikut akan disebutkan lagi kelebihan seorang ISFP secara lebih spesifik dan kekurangannya.

Kelebihan seorang ISFP:

1. Seorang ISFP cukup banyak disukai orang di sekitarnya. Mereka populer karena merupakan pribadi yang hangat dan rileks. ISFP mengerti perasaan orang lain, mereka akan mencoba untuk membantu orang lain untuk bisa bangkit.

2. ISFP orangnya imajinatif, mereka akan menggunakan kreativitasnya untuk berbicara pada orang lain. Rasa penasaran dan imajinasi yang dimiliki ISFP akan membuat mereka menjadi seseorang yang tidak terduga.

3. Kadang, ISFP adalah seorang perasa dan pemalu, tetapi mereka ketika menemukan hal yang menarik, mereka bisa meninggalkan hal lain. Rasa ingin tahu yang dimiliki ISFP terfokus pada hal yang mereka sukai, berkaitan dengan kemanusiaan atau seni.

4. Kreativitas seorang ISFP mampu ditunjukkan dalam bentuk yang nyata dan indah. Mereka bisa menulis lagu, membuat puisi, melukis, ataupun mempresentasikan data statistik dalam sebuah grafik. Orang bertipe kepribadian ISFP bisa memvisualisasikan suatu hal yang akan menggerakkan hati seseorang.

Kelemahan seorang ISFP:

1. ISFP memiliki prioritas untuk mengekspresikan dirinya secara bebas. Aturan dan tradisi dapat menekan kepribadian yang dimiliki ISFP.

2. Seorang ISFP tidak terlalu menyukai rencana jangka panjang dan komitmen. Jika bisa, mereka lebih memilih untuk menghindari perencanaan masa depan. Hal ini kadang menjadi kendala bagi mereka untuk membangun hubungan dengan lawan jenis dan rencana finansial di masa akan datang.

3. Orang dengan tipe kepribadian ISFP hidup dengan penuh emosi. Jika situasi yang terjadi di luar kontrol, mereka akan sangat mudah jatuh, hingga menyebabkan hilangnya karakteristik dan kreativitas mereka.

4. Jika membangun usaha, kadang ISFP tidak berhasil, terutama ketika masih masa awal memulai. Jika sudah gagal, di pandangan mereka sesuatu akan menjadi buruk. Mereka membutuhkan dukungan di saat terpuruk.

5. Seorang ISFP dapat dengan mudah membuat hal kecil menjadi kompetisi, menjatuhkan kesuksesan mereka untuk mencari kemenangan pada satu waktu. Mereka akan tidak bahagia jika kalah.

Saran-saran Pengembangan Diri untuk Seorang ISFP

Nah sekarang jika kamu merasa seorang ISFP, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan kepribadianmu menjadi lebih baik.

1. Kamu perlu mengasah kekuatan yang dimiliki, terutama di bidang artistik dan kreativitas. Dengan kekuatan yang sudah diasah, kamu bisa membantu orang lain yang membutuhkan.

2. ISFP perlu mengerti dan memahami kelemahan yang dimilikinya. Dengan memahami kelemahan bukan berarti mengubah diri seseorang. Hal tersebut justru dapat mengarahkan diri menjadi lebih baik.

3. Tidak usah dipikirkan dan jangan takut saat kamu ditolak dan ketika masuk ke dalam sebuah konflik. Kamu tidak perlu menyenangkan semua orang yang ada disekitarmu.

4. Mulai dari sekarang cobalah untuk memikirkan apa yang akan terjadi jika kamu mengambil suatu keputusan. Pikirkan dampaknya untuk jangka panjang ketika kamu mengambil keputusan kecil.

5. Cobalah untuk mengekspresikan diri, keluarkan apa yang ada di perasaanmu, bukan malah menyimpannya sendiri. Berusahalan untuk menimbun perasaan negatif di dalam hati, hal tersebut tidak baik untuk diri sendiri.

6. Belajarlah untuk menjadi pendengar yang baik, berusahalah mendengarkan lebih banyak. Janganlah terburu-buru untuk menolak sesuatu, kamu perlu mendengarkan penjelasan orang lain.

7. Ketika orang lain hanya memberikan sedikit tanggapan bukan berarti orang tersebut memberi tanggapan yang negatif. Jadi tidak perlu terlalu berasumsi dengan pemikiran sendiri. Kalau memang ingin tanggapan tetapi tidak mendapatkannya, maka langsung bertanyalah pada orang tersebut.

8. Kembangkan kemampuan dalam hal seni dan sisi kreativitasmu, hal tersebut bisa jadi modal yang bagus buat kamu.

Sekelumit Hal Lain terkait ISFP

Dengan melihat berbagai ciri-ciri kepribadian seorang ISFP, para ahli memperkirakan bahwa seorang ISFP akan cocok dengan orang-orang berkepribadian ESFJ atau ENFJ. ESFJ adalah singkatan dari Ekstrovert, Sensing, Feeling, Judging. Sedangkan ENFJ adalah singkatan dari Ekstrovert, Intuition, Feeling, Judging.

Bagaimana kamu bisa mengenali seorang ESFJ atau ENFJ. Sama seperti ISFP, endiskusikan teori ilmiah atau memperdebatkan politik internasional tidak terlalu menarik bagi ESFJ. Seorang ESFJ akan lebih peduli dengan masalah praktis yang jelas, termasuk memperbaiki status sosial mereka dan mengamati orang lain.

Bagi eeorang ESFJ mengikuti terus apa yang terjadi di sekitar mereka adalah kebutuhan sehari-hari mereka. Tetapi ESFJ melakukan yang terbaik untuk memanfaatkan kekuatan mereka untuk kebaikan. Selain itu, ESFJ adalah altruis dan mereka memandang serius tanggung jawab mereka untuk membantu dan melakukan hal yang baik.

Sedangkan ENFJ merupakan sosok-sosok pemimpin. Mereka ini penuh gairah dan karisma. Hanya sekitar dua persen dari populasi, kepribadian ini seringkali menjadi politis, pelatih dan guru kita, mendukung dan menginspirasi orang lain untuk berprestasi dan melakukan kebaikan di dunia ini.

Berbeda dengan ISFP, dengan rasa percaya diri alami yang melahirkan pengaruh, ENFJ sangat bangga dan senang memandu orang lain untuk bekerja sama guna memperbaiki mereka dan masyarakat mereka. Orang-orang pun seperti tertarik kuat kedalam kepribadian ENFJ yang memancarkan keaslian, kepedulian dan mementingkan orang lain.

Tidak hanya tipe teman yang cocok untuk seorang ISFP, para ahli juga memperkirakan pekerjaan yang tepat untuk seorang ISFP yakni aktor, musisi, pekerja seni, bidang hospitality, designer, guru, konselor, pekerja sosial, pengusaha, psikolog, dan seniman.

Sementara itu tokoh-tokoh terkenal dengan kepribadian ISFP di antaranya: Kevin Costner, Avril Lavigne, Michael Jackson, Brithney Spears, Lana Del Rey, Jessica Alba, Joss Stone, Auguste Rodin, Barbara Streisand, Elizabeth Taylor, Fred Astaire, Marie Antoinette, Marilyn Monroe, Paul McCartney, Wolfgang Amadeus Mozart, dan Victoria Azarenka.

Demikian pembahasan mengenai tipe kepribadian ISFP, semoga bermanfaat untuk meningkatkan kepribadian kamu menjadi lebih baik lagi.