Memahami Pengertian Seni Budaya dengan Contohnya
Ilustrasi (Jansel Ferma/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Kata seni menurut KBBI memiliki pengertian karya yang diciptakan dengan keahlian yang luar biasa, seperti tari, lukisan, dan ukiran. Menurut Ki Hajar Dewantara, dikutip dari buku Pendidikan Seni di SD, yang ditulis tahun 2010 oleh Hadjar Pamadhi, dkk istilah seni berasal dari Bahasa Sansekerta yaitu sani yang berarti segala perubahan manusia yang timbul dari hidup perasaannya yang bersifat indah, sehingga dapat menggerakan jiwa perasaan manusia. 

Jadi, seni merupakan hal yang menghasilkan keindahan dan kesenangan yang hadir dalam jiwa manusia, lalu dituangkan dalam media seni yang disebut karya seni.

Sedangkan, budaya memiliki pengertian yang berbeda. Kata budaya berasal dari Bahasa Sansekerta yaitu buddhayah, yang memiliki makna segala sesuatu yang berhubungan dengan akal dan budi manusia. Jika dipisah, budi dan daya mengandung makna cinta, karsa, dan rasa.

Menurut Elly M. Setiadi, mengutip buku Ilmu Sosial dan Budaya Dasar yang ditulis tahun 2007, budaya berarti cara hidup yang dimiliki oleh sekelompok orang yang diwariskan kepada generasi berikutnya. Perbedaan antara suku, agama, politik, bahasa, pakaian, karya seni, dan bangunan akan membentuk suatu budaya. Budaya yaitu keseluruhan sistem gagasan, milik dari manusia dengan belajar.

Hubungan budaya dan Kesenian mengacu pada nilai keindahan (estetika) yang berasal dari ekspresi hasrat manusia akan keindahan yang dinikmati dengan mata ataupun telinga. Sebagai makhluk yang mempunyai cita rasa tinggi, manusia menghasilkan berbagai corak kesenian mulai dari yang sederhana hingga perwujudan kesenian yang kompleks.

Setidaknya, ada lima cabang seni budaya yang bisa dengan mudah ditemukan dalam kehidupan sehari-hari, yaitu:

Seni Sastra

Seni sastra merupakan jenis seni yang menggunakan bahasa sebagai media. Keindahan seni sastra dapat dinikmati secara lisan maupun tulisan. Seni sastra sendiri terbagi dalam tiga macam, yaitu prosa, puisi, dan drama.

Seni Tari

Seni tari merupakan seni yang menggunakan gerak tubuh sebagai salah satu unsurnya. Gerak tubuh adalah bentuk atau cara koreografer mengkomunikasikan maksud tertentu kepada penonton.

Seni Musik

Salah satu contoh seni budaya yang melibatkan unsur bunyi sebagai unsur utama dari seni musik ini. Merupakan hasil ciptaan manusia yang menghasilkan bunyi dengan ritme dan harmoni yang indah didengar.

Seni Teater

Bentuk seni budaya yang melibatkan kemampuan memahami dan berkarya teater. Kemampuan membuat naskah hingga berlakon sesuai yang ditulis di dalam naskah teater. Mampu memahami dan menciptakan setting sesuai dengan naskah yang dibuat.

Seni Rupa

Seni rupa adalah seni yang berfokus pada keindahan sentuhan maupun visual, dalam bentuk lukisan, kriya gerabah, kapak genggam, menhir, dolmen, dan patung perunggu.