Bagikan:

BOGOR – Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) mengapresiasi Kebun Raya Bogor dengan memberikan cinderamata berupa Kujang Pusaka, yaitu Kujang Ciung.

Cinderamata ini diberikan kepada Kebun Raya pada saat acara pembukaan Gebyar Seni Budaya dan Olahraga Pencak Silat di Kebun Raya Bogor di Selasar Griya Anggrek, Jumat 30 Agustus.

Ketua IPSI Kota Bogor, Subono Widoyoko mengatakan, secara umum, Kujang mempunyai pengertian sebagai pusaka yang mempunyai kekuatan tertentu yang berasal dari para dewa (Hyang), dan sebagai sebuah senjata.

"Sejak dahulu hingga saat ini kujang menempati satu posisi yang sangat khusus di kalangan masyarakat Sunda," katanya.

Sebagai lambang atau simbol dengan nilai-nilai filosofis yang terkandung di dalamnya, kujang dipakai sebagai salah satu estetika dalam beberapa lambang organisasi serta pemerintahan.

Di samping itu, lanjunya, kujang pun dipakai pula sebagai sebuah nama dari berbagai organisasi, kesatuan dan tentunya dipakai pula oleh Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Jawa Barat.

Pada masa lalu Kujang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan masyarakat Sunda karena fungsinya sebagai peralatan pertanian. Pernyataan ini tertera dalam naskah kuno Sanghyang Siksa Kandang Karesian (1518 M) maupun tradisi lisan yang berkembang di beberapa daerah di antaranya di daerah Rancah, Ciamis.

Sementara, Direktur Kebun Raya, Marga Anggrianto menyampaikan rasa terima kasihnya kepada panitia IPSI selaku penyelenggara Gebyar Seni Budaya dan Pencak Silat.

“Kami dari Kebun Raya sadar betul bahwa Kebun Raya Bogor itu menjadi tempat riset konservasi tumbuhan, tapi lebih dari itu, kami juga sebuah entitas sosial yang ingin mendukung majunya seni budaya Indonesia yaitu pencak silat," paparnya.

"Jadi pada kegiatan hari ini, Kebun Raya mendukung IPSI yang ingin memajukan seni budaya pencak silat, Dan ini sebuah ikhtiar kami agar Kebun Raya menjadi ruang terbuka publik yang bisa dimanfaatkan oleh semua orang untuk kegiatan positif,” sambung Marga.

Sedangkan, Panitia kegiatan yang juga merupakan Sekretaris Umum IPSI, Dwihardanto Joko Purnomo mengucapkan terima kasih atas dukungan penuh Kebun Raya Bogor terhadap event Gebyar Seni Budaya dan Olahraga Pencak Silat.

Joko mengatakan Gebyar Seni Budaya dan Olahraga Pencak Silat di Kebun Raya Bogor 2024 ini dilaksanakan pada tanggal 30, 31 Agustus 2024 hingga 1 September 2024 di Selasar Griya Anggrek dan Taman Reinwardt ini bertujuan untuk melestarikan warisan budaya bangsa Indonesia yaitu pencak silat.