5 Kiat Menjalin Hubungan dengan Tipe Kepribadian INTJ, Susah-susah Gampang
Ilustrasi Pasangan INTJ (Cottonbro/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Orang dengan kepribadian INTJ termasuk serius dalam menjalin hubungan dan menginginkan hubungan jangka panjang. Namun, tak jarang kalau tipe ini sangat susah dipahami orang sekitar.  

INTJ adalah tipe kepribadian langka. Mereka memiliki sifat sangat tertutup dan sulit memberikan kepercayaan. Akibatnya, pribadi INTJ cenderung berhati-hati dalam berkomitmen dan membutuhkan waktu lama untuk mengizinkan seseorang menjadi penghuni hati.

Saat menemukan pasangan, pribadi INTJ akan memberikan kesetiaan penuh dan mendukung orang yang dicintai menggapai tujuan. Namun, di sisi lain mereka pun bisa jadi sosok egois dan terlihat tidak memahami perasaan orang lain. Hal ini semata-mata karena kebiasaan mereka yang tertutup sehingga tampak hanya mementingkan diri sendiri.

Melansir laman Introvert Dear, Selasa, 2 Maret berikut ada lima informasi penting yang bisa dijadikan contekan bagi seseorang jika ingin mendekati gebetan berkepribadian INTJ.

Harus setia

Kesetiaan merupakan kunci jika ingin menjalani hubungan dengan seorang INTJ. Sakit hati masa lalu yang pernah dialami membuat mereka lebih menjunjung tinggi pentingnya kesetiaan. Sebab, mereka tidak ingin luka masa lalu terulang kembali.

Jika pasangan setia, maka pribadi INTJ pun tak segan-segan memberikan hal sama untuk pasangan mereka. Pribadi INTJ juga menginginkan seseorang yang percaya terhadap kemampuan mereka. Pasangan yang mampu membangkitkan semangat dan menilai baik INTJ adalah yang paling dicari.

Beri waktu mereka untuk menyendiri

Orang dengan kepribadian INTJ sangat tidak suka tergesa-gesa dalam melakukan apapun, terutama dalam menunjukkan emosi. Jangan pernah meminta mereka terbuka, saat mereka tak ingin bercerita apapun. Memaksa berbicara hanya akan membuat mereka membenci pasangan. Jadi, biarkan mereka sendiri bergelut dengan pikirannya sampai betul-betul siap untuk terbuka. 

Selain itu, tipe INTJ merupakan tipe yang senang menghabiskan waktu sendirian. Mereka merasa lelah jika terlalu banyak bergaul dengan orang. Untuk itu, dibutuhkan waktu menyendiri untuk mengembalikan energi. Meski senang menyendiri, mereka juga tetap menyediakan waktu untuk pasangan. Hanya saja, perlu membuat rencana terlebih dahulu jika ingin menghabiskan waktu bersama sebab mereka tak ingin sesuatu terjadi secara tiba-tiba.

Jangan berikan mereka banyak kasih sayang

Seseorang harus tahu jika tipe INTJ sangat tidak menyukai perhatian berlebih. Bagi mereka, hal tersebut terasa aneh. Orang dengan kepribadian INTJ bukanlah orang yang haus akan emosi yang dibumbui dengan pelukan dan cinta. Bagi mereka, kasih sayang yang ideal adalah dengan memberikan perhatian penuh saat mereka sedang membagikan pemikiran dan emosinya.

Jangan ajak mereka terbuka di depan orang

Ada beberapa tipe introver yang meski pendiam tapi masih senang datang ke pesta. Sayangnya, tidak dengan introver INTJ. Mereka cenderung tidak tertarik dengan acara-acara besar, termasuk pesta. Mereka lebih senang menghabiskan waktu dengan kelompok kecil atau hanya berdua.

Jangan pernah mencoba membuat INTJ berbicara banyak di depan orang. Mereka lebih senang berdiskusi dengan beberapa orang, dengan topik mendalam. Pembicaraan basa basi bukan topik yang disukai tipe INTJ.

Jadilah pribadi yang terbuka 

Komunikasi terbuka masih menjadi bagian terpenting dari semua hubungan yang sehat, sekalipun saat menjalani hubungan dengan pribadi INTJ. Meski mereka susah berbagai pada awalnya, tapi mereka mengharapkan hal ini datang dari pasangan.

Cobalah terbuka dengan menceritakan apapun dengan orang INTJ. Jika keterbukaan konsisten dijalani, maka cepat atau lambat mereka juga akan melakukan hal ini dengan pasangan.