Ciri-Ciri Ekstrovert Beserta Kelebihan dan Kekurangannya
Ilustrasi ekstrovert (Freepik/Lifestylememory).

Bagikan:

YOGYAKARTA – Ekstrovet merupakan tipe kepribadian yang berbanding terbalik dengan introvert. Bila introvert lebih menyukai kesendirian, maka orang yang memiliki kepribadian ekstrovert akan lebih merasa berenergi setelah menjalin interaksi dengan orang lain. Selain itu, seseorang dengan tipe kepribadian ini juga gemar mencari pengalaman baru dan berkenalan dengan orang lain. Lantas, apa ciri-ciri ekstrovert? Mari simak ulasannya berikut ini.

Ciri-Ciri Ekstrovert

Dirangkum dari berbagai sumber, Minggu, 14 Januari 2024, orang dengan kepribadian ekstrovert dapat dikenali melalui ciri-ciri berikut ini:

1. Tidak suka dengan kesendirian

Di atas telah disinggung bahwa individu dengan kepribadian ekstrovert akan merasa lebih berenergi setelah bersosialisasi atau menghabiskan waktu bersama orang lain.

Oleh sebab itu, pemilik kepribadian ekstrovert biasanya lebih nyaman bila berada di dalam kelompok ketimbang menyendiri.

Bagi orang berkepribadian ekstrovert, kesendirian justru dapat menguras energi dalam dirinya.

2. Selalu optimis dan ceria

Selain tidak suka kesendirian, pemilik kepribadian ekstrovert juga digambarkan sebagai orang yang selalu optimistis dan ceria. Tak hanya itu, orang ekstrovert juga penuh semangat dan antusias.

Individu dengan kepribadian ini umumnya tidak terlalu memikirkan kesulitan atau masalah yang sedang dihadapi. Bahkan, orang yang berkepribadian ekstrovert cenderung tidak takut untuk mengambil risiko dalam mengatasi masalah.

3. Mudah berteman

Sifat ekstrovert yang mudah bersosialisasi membuatnya lebih mudah berteman. Individu yang memiliki kepribadian ekstrovert umumnya memiliki banyak teman dan koneksi. Hal ini lantaran mereka senang berkenalan dengan orang lain. Seorang ekstrovert tidak pernah ragu untuk memulai percakapan dengan orang lain.

ciri-ciri ekstrovert
Salah satu ciri orang ekstrovert adalah mudah berteman (Freepik/Jcomp).

Selain mudah berteman, ekstrovert juga lebih terbuka dengan orang lain. Orang-orang yang memiliki kepribadian ini sangat senang ketika berbagi pikiran dan perasaannya.

4. Fleksibel dan mudah beradaptasi

Ciri kepribadian ekstrovert yang berikutnya adalah fleksibel dan mudah beradaptasi  dengan berbagai situasi.

Pemilik kepribadian ini dianggap lebih mudah menyesuaikan diri ketika ada perubahan dalam rencana dan dapat membuat keputusan secara spontan.

5. Gemar berdikusi

Ciri-ciri ekstrovert yang terakhir adalah gemar berdiskusi bersama orang lain. Hal ini lantaran orang dengan kepribadian ekstrovert sangat mudah mengekspresikan apa yang ada di dalam pikirannya.

Kelebihan dan Kekurangan Ekstrovert

Setiap tipe kepribadian, pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Berikut kelebihan ekstrovert yang perlu Anda ketahui:  

  • Mudah menjalin hubungan dengan orang-orang baru, baik dalam hal pertemenan maupun jaringan profesional.
  • Memiliki circle pertemanan yang luas sehingga lebih mudah mendapatkan dukungan sosial. Selain itu, linkungan pertemanan yang luas juga dapat membantu menekan risiko gangguan kesehatan mental.
  • Punya potensi untuk menjadi pemimpin yang baik.
  • Tidak bikin bosan serta dapat membangun hubungan sosial yang menyenangkan.

Sementara kekurangan orang-orang yang berkepribadian ekstrovert antara lain:

  • Suka mendominasi dalam hubungan sosial.
  • Mudah bosan atau bahkan merasa cemas ketika terlalu lama menghabiskan waktu sendirian.
  • Kerap berperilaku impulsif.
  • Sering bertindak ceroboh untuk menghilangkan rasa bosan ketika menghabiskan waktu sendirian.
  • Memiliki teman
  • Sering tidak memperhatikan ketika orang lain sedang bercerita.

Demikian informasi tentang ciri-ciri ekstrovert beserta kelebihan dan kekurangannya. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan para pembaca setia VOI.ID.