Pengertian, Ciri Cowok Metroseksual, Serta Kelebihan dan Kekurangannya dalam Hubungan Percintaan
Ilustrasi cowok metroseksual (Unsplash/Lucas Newton)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Secara umum, cowok metroseksual adalah tipe pria yang memiliki sisi feminim. Sisi tersebut berupa kegemarannya dalam merawat diri, menjadi pusat perhatian karena penampilan, hingga cenderung berlebihan dalam merawat diri. Namun patut dicatat bahwa dalam menjaga penampilan, citra yang coba ditonjolkan bisa berupa maskulinitas.

Sederhananya, jika wanita akan melakukan banyak perawatan untuk menjaga kecantikannya, pria metroseksual akan melakukan hal yang sama untuk menjaga penampilan seperti yang diinginkan.

Ciri-ciri Cowok Metroseksual

Di era sekarang, kesadaran untuk merawat diri di kalangan pria mulai meningkat. Oleh karenanya stigma cowok metroseksual sering melakukan perawatan diri jadi bergeser. Namun ada beberapa ciri umum yang bisa Anda lihat yakni sebagai berikut.

  1. Bersikap feminim

Sikap feminim biasanya ada pada lelaki metroseksual, terutama pada gestur dan gerak-gerik tubuhnya. Namun patut dicatat bahwa sikap feminim pada seorang cowok metroseksual tidak berarti ia ingin menjadi seorang wanita.

  1. Melakukan perawatan diri dan menjaga penampilan secara berlebihan

Perawatan yang dilakukan lelaki metroseksual kadang melebihi batas kebiasaan pria pada umumnya. Perawatan bahkan bisa mengarah pada hal-hal detil. Selain itu Cowok metroseksual juga lebih suka menjaga penampilan. Ia akan tampil trendy di setiap momen tidak peduli momen tersebut penting atau tidak, kecil atau besar.

  1. Mengikuti perkembangan fashion

Seorang metroseksual memiliki perhatian dengan porsi lebih ke perkembangan fashion, tidak hanya fashion yang sedang populer di sekitar lingkungannya, namun juga pada lingkup yang lebih luas.

  1. Ingin menjadi pusat perhatian

Ciri pria meteroseksual salah satunya adalah suka menjadi pusat perhatian. Hal itu berusaha ia raih melalui penampilannya yang klimis, berotot, rapih, wangi, dan kadang menggunakan pakaian yang mencolok.

  1. Gaya hidup konsumtif

Pria metroseksual cenderung konsumtif, terutama pada hal-hal yang berkaitan dengan perawatan tubuh dan fashion. Sikap konsumtifnya kemungkinan dilakukan untuk menarik perhatian orang-orang di sekitarnya.

  1. Menjaga kondisi badan tetap bersih

Kebersihan tubuh seorang pria metroseksual juga akan terus dijaga. Mungkin tipe pria ini akan terus mencuci tangannya setelah melakukan kegiatan yang mungkin akan menimbiulkan noda atau kondisi yang kurang nyaman di tangannya.

Kelebihan Pria Metroseksual

Beberapa wanita menyukai pria metroseksual karena kelebihan yang dimilikinya. Kelebihan mereka menjadikan pasangan lebih nyaman. Beberapa kelebihan cowok metroseksual dalam hal relationship adalah sebagai berikut.

  1. Lebih menjaga penampilan
  2. Wangi
  3. Lebih perhatian kepada pasangan
  4. Risiko melakukan kekerasan kepada pasangan kecil
  5. Lebih update terutama terkait fashion dan skincare
  6. Lebih terbuka pada gaya hidup yang baru

Kekurangan Pria Metroseksual

Meski sebagian wanita menyukai cowok metroseksual, ada pula yang tidak menyukainya. Kekurangan saat menjalin hubungan dengan lelaki metroseksual adalah sebagai berikut.

  1. Lebih konsumtif dibanding pria pada umumnya.
  2. Sering mendapatkan stigma negatif dari masyarkat umum sehingga membuat pasangan merasa tidak nyaman.
  3. Menampilkan perilaku yang dinilai terlalu feminim seperti mencukur bulu kaki, mencatok rambut, dan sebagainya.
  4. Lebih cerewet daripada pria pada umumnya.
  5. Memiliki pakaian yang lebih banyak dibanding pria pada umumya, hal ini cukup mengganggu bagi sebagian wanita.

Itulah informasi terkait ciri cowok metroseksual. Untuk mendapatkan informasi menarik lain kunjungi VOI.ID.