Bagikan:

YOGYAKARTA - Siklus haid atau menstruasi yang teratur merupakan salah satu indikator kesehatan reproduksi pada wanita. Tapi, sebagian perempuan mengalami menstruasi yang tak teratur karena berbagai faktor, salah satunya disebabkan oleh stress. Lantas, apa sih ciri-ciri telat haid karena stress? Yuk kita bahas!

Stress sendiri mempunyai peran penting dalam mengganggu proses keseimbangan hormonal yang mempengaruhi siklus haid. Kenapa bisa begitu? Yuk simak alasannya.

Mengapa Stress Dapat Menyebabkan Telat Haid?

Normalnya, siklus haid ataupun haid perempuan yaitu kurang lebih 21–35 hari. Tetapi, rata-rata perempuan mempunyai siklus haid selama 28 hari. Seorang perempuan dikatakan telat haid apabila siklus menstruasinya lebih dari 35 hari.

Sebagian perempuan bisa jadi alami siklus haid tidak tertib ataupun telat haid. Tidak hanya kehamilan, salah satu pemicu telat haid yang paling umum terjadi yaitu tekanan pikiran. Alasannya, stress bisa menimbulkan metabolisme hormon-hormon di seluruh badan jadi kacau, termasuk hormon yang berpengaruh pada siklus haid.

Siklus haid diatur oleh bagian dalam otak yang disebut dengan hipotalamus serta kelenjar pituitari. Normalnya, hipotalamus bakal membebaskan hormon pelepas gonadotropin (GnRH) yang memicu kelenjar pituitari buat melepaskan follicle stimulating hormone (FSH) serta luteinizing hormone (LH).

Kedua hormon ini bertugas buat melindungi supaya siklus haid bisa senantiasa berjalan dengan wajar. Setelah itu, kelenjar pituitari pula bakal mendesak ovarium buat melepaskan hormon estrogen serta progesteron.

Bila badan dalam kondisi stress, tubuh bakal melepaskan hormon kortisol. Di kala hormon kortisol berhubungan dengan hipotalamus ataupun ovarium, pelepasan hormon-hormon yang mengatur siklus haid juga bakal alami hambatan.

Menyusutnya hormon estrogen serta progesteron bisa menunda terbentuknya haid. Apalagi, pada saat tekanan pikiran semakin parah, perempuan berisiko alami amenore sekunder. Amenore sekunder merupakan keadaan pada saat perempuan yang awal mulanya mempunyai siklus haid normal, setelah itu tidak alami haid selama 3 bulan ataupun lebih secara berurutan.

Ciri-ciri Telat Haid Karena Stress

Biasanya, siklus haid yang wajar yaitu 24-38 hari. Tetapi, siklus haid berbeda masing-masing perempuan. Untuk perempuan yang alami siklus haid tidak teratur, maka periode haid dapat berlangsung lebih panjang, pendek, ataupun tidak sama sekali.

Gangguan haid yang diakibatkan tekanan pikiran dapat diisyarati dengan beberapa ciri-ciri, seperti:

  • Periode haid lebih pendek ataupun lebih lama dari biasanya
  • Tidak haid lebih dari 6 pekan sampai berbulan-bulan
  • Haid bisa jadi diiringi nyeri
  • Periode haid dapat lebih pendek ataupun lebih lama

Telat haid yang diakibatkan tekanan pikiran pula dapat memunculkan beberapa indikasi, semacam:

  • Frekuensi buang air kecil yang lebih sering
  • Bernapas lebih cepat
  • Sakit perut
  • Diare

Tidak hanya diakibatkan oleh tekanan pikiran, terdapat beberapa aspek lain yang menimbulkan haid Kalian terlambat, seperti:

  • Penggunaan alat kontrasepsi (KB) hormonal
  • Berat badan rendah ataupun berlebihan
  • Melaksanakan olahraga secara berlebihan
  • Mengkonsumsi obat tertentu
  • Hamil

Cara Menanggulangi Haid Terlambat Karena Stress

Telat haid sebab stress dapat diatasi dengan metode mengelola stress dengan baik. Kalian dapat menguranginya dengan beberapa metode yang gampang dicoba buat mengembalikan siklus haid kembali wajar.

  1. Mengkonsumsi menu makanan sehat semacam sayur-mayur serta buah-buahan. Jauhi mengkonsumsi masakan yang memiliki gula berlebihan, kafein, alkohol, serta masakan olahan.
  2. Melaksanakan olahraga secara teratur.
  3. Melaksanakan latihan pernapasan ataupun meditasi
  4. Berhenti merokok
  5. Istirahat yang cukup.
  6. Melaksanakan aktivitas yang mengasyikkan, semacam menonton film, berkumpul dengan temanl sampai melaksanakan sesuatu yang Kalian gemari.

Bila tekanan pikiran yang dirasakan sudah menggapai tingkatan yang kronis maka Kalian butuh berdialog ataupun melaksanakan konsultasi dengan psikolog ataupun psikiater. Nantinya, psikolog ataupun psiliater bisa menolong Kalian memahami pemicu stress.

Selain itu kalian juga mesti mengetahui “Masalah Menstruasi Pada Remaja” agar bisa segera menanganinya.

Jadi setelah mengetahui ciri-ciri telat haid karena stress, simak berita menarik lainnya di VOI.ID, saatnya merevolusi pemberitaan!