Manfaat Yoga Ibu Hamil Lengkap dengan Contoh Gerakannya
Ilustrasi yoga ibu hamil (Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Tahukah Anda bahwa yoga ibu hamil memiliki beragam manfaat yang berkaitan dengan proses persalinan dan kebugaran tubuh? Sayangnya tak banyak ibu hamil yang mengetahui hingga mempraktikkan olahraga yoga.

Yoga ibu hamil sendiri sangat mungkin dilakukan asal dilakukan secara benar. Untuk mengetahui lebih jauh simak artikel berikut ini.

Mengenal Yoga Ibu Hamil

Yoga ibu hamil adalah salah satu jenis yoga yang dikhususkan bagi ibu hamil. Gerakan yoga ini diciptakan untuk menyeimbangkan kesehatan yang berkaitan dengan emosional, mental, fisik, dan spiritual pada ibu hamil. Ada banyak manfaat yoga bumil yakni sebagai berikut.

  1. Menjaga Kebugaran Tubuh

Pada dasarnya yoga sendiri membantu menjaga kebugaran tubuh, termasuk pada ibu hamil. Meski dalam kondisi hamil, ibu harus tetap aktif bergerak untuk menjaga kebugaran tubuh salah satunya bisa dengan yoga.

  1. Menjaga Kesehatan Janin

Ibu hamil yang aktif bergerak akan berdampak baik pada kesehatan janin. Namun perlu diperhatikan bahwa ibu hamil tetap memiliki batasan gerak agar tidak membahayakan janin dan ibu hamil itu sendiri.

  1. Mengurangi Stres dan Kecemasan

Ibu hamil juga rawan stres dan cemas oleh karena itu perlu kegiatan fisik untuk menyehatkan mental salah satunya dengan yoga.

  1. Meningkatkan Kualitas Tidur

Yang kerap dialami oleh ibu hamil adalah kualitas tidur jadi menurun. Untuk menanganinya, ibu hamil bisa melakukan yoga ringan.

Contoh Gerakan Yoga Ibu Hamil

Yoga ibu hamil berbeda dengan yoga pada umumnya. Yoga yang dilakukan bumil tentu mempertimbangkan keselamatan ibu dan janin mengingat ukuran perut terus membesar. Salah satu cintih gerakan yoga ibu hamil misalnya dengan pose kupu-kupu.

Pose ini bermanfaat untuk meredakan ketegangan di paha. Ibu hamil cukup duduk dengan kaki terbuka, tekuk dua kaki dan sentuhkan telapak kaki satu sama lain, lalu tarik kaki hingga menempel ke tubuh. Gerakkan lutut naik-turun perlahan menyerupai sayap kupu-kupu.

Selain terkait yoga ibu hamil, kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.