Apa Itu Terapi Komplementer Dalam Dunia Medis?
Apa Itu Terapi Komplementer? (Gambar Andreas160578 - Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Jika ditanya apa itu Terapi komplementer, yakni merupakan penerapan ataupun perawatan yang sudah teruji dengan cara medis selaku tambahan dari pengobatan ataupun penyembuhan penting. Pengobatan ini bisa menolong tingkatkan mutu hidup pasien serta membuat pasien merasa lebih sehat. Tetapi, terapi komplementer tidak bisa dipakai sebagai pengganti penyembuhan kedokteran.

Apa Itu Terapi Komplementer?

Terapi komplementer ialah terapi yang dipakai selaku pelengkap pengobatan kedokteran konvensional. Dokter umumnya bakal mengusulkan jenis pengobatan komplementer yang cocok dengan situasi medis yang dirasakan pasien.

Tetapi, terapi komplementer tidaklah pengobatan alternatif sebab tidak dapat mengambil alih penyembuhan konvensional. Terapi komplementer malah dipakai sebagai pendukung penyembuhan yang bertujuan buat menolong pasien merasa lebih baik ataupun menanggulangi efek samping yang timbul imbas pengobatan konvensional. 

Jenis-Jenis Terapi Komplementer

Sejauh ini, beraneka ragam terapi komplementer sudah dikembangkan serta dipakai bersama dengan penyembuhan konvensional. Selanjutnya ini merupakan bermacam tipe terapi komplementer yang bisa jadi dianjurkan oleh dokter:

Chiropractic

Chiropractic ialah terapi yang menekankan keahlian tubuh buat memulihkan dirinya sendiri. Chiropractic bisa dicoba buat menyembuhkan keadaan yang berkaitan dengan tulang, otot, serta sendi, semacam sakit punggung serta leher, sakit kepala, serta sendi kaku.

Chiropractic dilakukan oleh pakar pengobatan yang disebut chiropractor. Chiropractor berlisensi bisa melakukan anamnesis( tanya jawab medis) pada pasien, mengecek riwayat kesehatan, melakukan pengecekan ataupun pengecekan penunjang, dan memastikan diagnosis.

Sehabis itu, chiropractor bakal memberikan perawatan, memantau perkembangan pasien, dan mengidentifikasi kondisi yang membutuhkan perawatan medis lebih lanjut. Wujud terapi yang diberikan oleh chiropractor dapat berbentuk metode manipulasi tulang belakang, latihan gerak tubuh, serta konseling gizi. 

Akupunktur

Akupunktur ialah pengobatan tradisional Cina yang sudah dipakai selama ribuan tahun. Pengobatan ini dilakukan dengan menikamkan jarum lembut ke titik- titik khusus pada kulit, ataupun disebut pula titik akupunktur, buat menolong proses pengobatan penyakit.

Terapi komplementer yang satu ini bertugas dengan teknik menyamakan gerakan tenaga( chi) dalam badan. Terapi ini bisa dipakai pada sebagian situasi kedokteran, mulai dari nyeri punggung bawah, osteoarthritis, sakit leher, sampai sakit kepala, semacam sakit kepala sebelah alias migrain. 

Aromaterapi

Terapi komplementer yang satu ini memakai minyak esensial, baik dengan metode dihirup ataupun dibalurkan ke kulit, buat memperoleh khasiat terapeutik. Dikala dihirup, aroma minyak esensial bakal mempengaruhi pusat emosional di otak.

Aromaterapi diyakini bisa menanggulangi beraneka ragam situasi, semacam keresahan, tekanan mental, mual, tidak bisa tidur, serta menurunnya nafsu makan. Tidak hanya itu, minyak esensial pula bisa dipakai sebagai minyak pijit buat melemaskan otot- otot yang kaku. 

Pilates dan yoga

Pilates serta yoga termasuk terapi komplementer yang umumnya diaplikasikan buat menolong menanggulangi nyeri punggung, memulihkan postur badan, melindungi kesehatan jantung, menanggulangi efek samping dari pengobatan kanker, mengatur tekanan pikiran, dan tingkatkan daya, penyeimbang, serta elastisitas badan.

Instruktur pilates serta yoga yang berlisensi bisa bekerja serupa dengan dokter buat menata rencana perawatan pasien. Berolahraga ini diharapkan bisa mensupport serta memacu sistem penyembuhan pasien. 

Meditasi

Meditasi tercantum dalam salah satu tipe terapi komplementer yang sudah teruji mempunyai banyak khasiat buat kesehatan psikologis. Pengobatan ini dicoba dengan memfokuskan perhatian buat menghasilkan perasaan tenang serta tingkatkan tenaga.

Terdapat banyak metode buat bermeditasi, mulai dari menata nafas, menjernihkan pikiran, memusatkan perhatian pada satu objek, memakai metode fisik semacam konsentrasi ataupun tai chi buat menenangkan pikiran, sampai mengulang kata ataupun mantra dengan suara keras ataupun tanpa suara.

Pengobatan komplementer dengan meditasi umumnya dipakai buat tingkatkan kerja otak serta mengatur tekanan pikiran. 

Jadi setelah mengetahui apa itu terapi komplementer, simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!