Bagikan:

YOGYAKARTA – Apa itu terapi gen bisa dipahami sebagai pengetahuan baru di bidang medis untuk memperbaiki atau mengoreksi DNA. Terapi ini masih belum banyak dikenal khususnya di Indonesia. Untuk lebih mengenalnya simak artikel berikut.

Apa Itu Terapi Gen?

Dilansir dari National Heart, Lung, and Blood Institute, terapi genetik adalah pendekatan medis yang digunakan sebagai solusi kelainan genetik dengan cara memberi DNA baru atau mengoreksi DNA. Gen baru yang ditransfer jadi versi normal dari gen yang rusak atau gen lain yang memperbaiki kinerja sel.

Di situs US Food & Drug Administration dijelaskan bahwa produk terapi gen saat ini terus dipelajari dalam pengobatan penyakit tertentu seperti kanker, penyakit karena genetik, hingga penyakit menular.

Adanya terapi gen ini memungkinkan penyedia layanan kesehatan memberikan penanganan medis terhadap kondisi tertentu, alih-alih menggunakan metode pengobatan tradisional, terapi gen dilakukan dengan mengubah susunan genetik pasien. Dengan cara tersebut penyedia layanan kesehatan bisa mengatasi pemicu penyakit bahkan mampu menginstruksikan tubuh agar memproduksi obat maupun protein tertentu.

Untuk saat ini terapi gen masih di tahap uji klinis, termasuk kemungkinan menggunakan metode terapi tersebut untuk mengobati kanker, degradasi makula, memperbaiki kondisi genetik, bahkan HIV/AIDS.

Kelebihan dan Kekurangan Terapi Gen

Seperti dijelaskan sebelumnya, terapi gen saat ini masih dalam tahap uji klinis. Saat ini ada banyak spekulasi terhadap kelebihan dan kekurangan terapi gen. Berikut ini kelebihan terapi gen.

  1. Harapan Baru

Terapi gen banyak disebut sebagai harapan baru dalam dunia medis terutama untuk mengatasi penyakit dan kelainan yang kemungkinan besar memicu cacat hingga kematian dini.

  1. Mencegah Kerusakan Sejak Dini

Seseorang yang menerima terapi gen lebih awal artinya mencegah kerusakan sejak dini. Namun saat ini penelitian sedang dilakukan untuk melihat sejauh apa terapi gen mampu menangani kerusakan.

  1. Mengatasi Penyebab Penyakit Secara Spesifik

Terapi gen berpotensi menciptakan pengobatan terhadap penyebab utama penyakit secara spesifik lewat gen di tubuh seseorang.

Selain kelebihan, terapi gen juga masih punya sejumlah kekurangan yang mungkin akan dirasakan. Berikut ini kekurangan atau risiko terapi gen.

  1. Belum Menjamin Kesembuhan 100 Persen

Meski banyak penelitian dilakukan, namun terpi gen belum bisa menjamin kesembuhan total. Tetap ada kemungkinan kegagalan atau efek samping yang tak terduga.

  1. Proses Sangat Rumit

Terapi gen dilakukan dengan melewati serangkaian proses yang rumit. Selain itu, saat benda asing dimasukkan ke dalam tubuh, imun akan merespon benda tersebut dengan cara yang berbeda-beda. Akibatnya ada risiko seseorang tak bisa menjalani perawatan atau uji klinis tertentu di masa depan.

  1. Efek Jangka Panjang Belum Diketahui

Terapi gen berpotensi menghasilkan efek jangka panjang baik maupun buruk. Bahkan efek tersebut bisa bertahan seumur hidup.

Penelitian terapi gen tidak hanya dilakukan di Amerika Serikat, namun di negara lain seperti Tiongkok. Terbaru, ilmuwan di Beijing temukan terapi gen penunda penuaan dari tikus

Selain terkait apa itu terapi gen, kunjungi VOI.id untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.