5 Olahraga untuk Memperlancar Persalinan bagi Bumil Trimester Akhir
Olahraga untuk memperlancar persalinan (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Ibu hamil perlu menerapkan pola hidup sehat demi kesehatan dirinya dan kandungan hingga masa persalinan. Salah satunya adalah dengan menjalani olahraga yang tepat secara rutin atau berkala. Lantas apa olahraga untuk memperlancar persalinan yang bisa dilakukan oleh bumi?

Tidak sedikit ibu hamil yang enggan berolahraga karena khawatir bakal membahayakan dirinya dan janin di perut. Terlebih ketika memasuki masa trimester akhir atau mendekati masa persalinan, perut bumil akan semakin besar sehingga membuat malas bergerak. Padahal bumil tetap disarankan banyak bergerak dan berolahraga untuk memperlancar persalinan. 

Olahraga untuk Memperlancar Persalinan

Alasan ibu hamil harus tetap berolahraga yakni untuk mempersiapkan fisik dan mental untuk proses persalinan. Proses persalinan yang lancar dan normal juga dipengaruhi dari kebugaran tubuh bumil. Tidak perlu melakukan gerakan yang berat, bumil dapat menjalani olahraga ringan di rumah. 

Berikut ini rekomendasi olahraga untuk memperlancar persalinan yang mudah dilakukan oleh ibu hamil:

Yoga

Salah satu olahraga yang disarankan bagi bumil adalah yoga. Olahraga yang melibatkan kelenturan tubuh, konsentrasi pikiran, dan ketenangan batin ini bermanfaat untuk memperlancar proses persalinan. Bumil dapat melakukan gerakan-gerakan yoga dengan posisi duduk bersila. 

Gerakan yoga dalam posisi duduk bertujuan untuk mendorong rahim ke depan dan membuka jalan lahir lebih lebar. Dalam melakukan yoga, ibu hamil harus fokus mengatur pernapasan. Ketika menarik napas dalam-dalam, diafragma dan dasar panggul ikut meregang dengan sendirinya. 

Squat

Olahraga lainnya yang cocok untuk bumil adalah squat. Olahraga ini dapat membantu memperlancar proses persalinan karena gerakannya melibatkan bagian panggul dan paha. Gerakan squat akan membuka panggul, sehingga memudahkan janin turun ke jalur lahir. 

Gerakan squat dapat dilakukan secara mudah dengan berdiri membelakangi tembok dan membuka kedua kaki selebar bahu. Kemudian menurunkan tubuh secara perlahan hingga berada dalam posisi jongkok. Pastikan punggung tetap lurus saat tubuh diturunkan. Tahan posisi jongkok selama 5 hingga 10 detik, lalu berdiri kembali. 

Senam Kegel

Olahraga lainnya yang terkenal dapat memperlancar proses persalinan adalah senam kegel. Olahraga ini berguna untuk mengencangkan area sekitar vagina dan otot yang menopang rahim, usus, serta kandung kemih. 

Kebiasaan melakukan senam kegel akan membantu bumil dalam mengendalikan otot-otot saat menjalani persalinan. Senam kegel dapat dilakukan dengan mudah dengan posisi sama seperti ketika bumil sedang berusaha menahan buang air kecil. Pada awal latihan, lakukan pengencangan otot secara perlahan selama 10 detik dan ulangi sebanyak 3-4 kali dalam setiap sesi. 

Butterfly Pose

Butterfly pose adalah gerakan gaya kupu-kupu yang bisa dilakukan dengan mudah oleh ibu hamil. Gerakan ini dapat membantu membuka panggul lebih lebar dan punggung bagian bawah menjadi lebih lentur.

Butterfly pose juga bermanfaat melenturkan sendi dan meningkatkan aliran darah ke tubuh bagian bawah, sehingga memudahkan proses persalinan. Cara mempraktikkan gerakan ini yakni dengan posisi duduk tegak dan merapatkan kedua kaki. Lalu mengangkat kaki naik-turun sampai bumil merasakan peregangan. 

Pelvic Rocks

Pelvic rocks juga menjadi olahraga yang cocok untuk ibu hamil. Gerakan ini membantu dalam mengendurkan panggul dan melenturkan bagian bawah punggung. Cara melakukan gerakan ini sangatlah mudah, yakni dengan bertumpu pada tangan dan lutut di atas matras yoga. Kemudian buang nafas dan gerakan punggung saat mengarahkan kepala ke dagu. Lalu tarik napas dan lengkungkan punggung ke bawah secara perlahan. 

Demikianlah beberapa olahraga untuk memperlancar persalinan yang bisa dijalani oleh ibu hamil secara rutin. Apabila bumil mengalami kendala saat melakukan olahraga-olahraga di atas maka bisa berkonsultasi kepada ahlinya atau pakar kesehatan. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan berita terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.