Manfaat Leg Exercise dan Contoh Gerakannya
Ilustrasi latihan kaki (Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Manfaat leg exercise ternyata bisa dirasakan oleh tubuh secara keseluruhan. Hal tersebut mengkoreksi persepsi bahwa olahraga leg exercise hanya berguna untuk melatih tubuh bagian bawah terutama area kaki.

Perlu diketahui, leg exercise secara umum adalah pelatihan fisik yang difokuskan pada tubuh bagian bawah, termasuk pantat dan kaki. Latihan ini dilakukan dengan tujuan untuk membakar kalori, meningkatkan kekuatan dan meningkatkan masa otot.

Manfaat Leg Exercise

Dikutip dari AI Care, latihan kaki atau leg exercise secara umum bermanfaat besar bagi tubuh dan kesehatan secara keseluruhan. Selain membakar kalori, leg exercise juga membantu merangsang produksi hormon pertumbuhan (growth hormone) dan testosteron. Kedua hormon tersebut berperan penting untuk membentuk otot, tulang, serta meningkatkan kesehatan reproduksi.

Selain menyehatkan tubuh dari dalam, leg exercise juga memiliki manfaat lain yang bisa dirasakan terutama berkaitan dengan aktivitas sehari-hari. Adapun manfaat yang akan dirasakan adalah sebagai berikut.

  1. Meningkatkan stamina tubuh
  2. Menambah kekuatan kaki
  3. Mengurangi risiko cedera saat beraktivitas
  4. Membantu menjaga keseimbangan tubuh
  5. Menjaga agar postur tubuh tetap tegak
  6. Mencegah osteoporosis atau pengeroposan tulang serta meningkatkan kesehatan tulang
  7. Menambah kekuatan persendian
  8. Inti tubuh makin kuat
  9. Gerakan fungsional tetap terjaga
  10. Membakar kalori dan menghilangkan lema di area tubuh bawah
  11. Membentuk otot kaki
  12. Mengencangkan bokong sekaligus membentuknya dengan baik
  13. Meningkatkan kadar testosteron dan hormon pertumbuhan

Contoh Gerakan Leg Exercise

Leg exercise biasa dilakukan dengan beragam gerakan dengan berbagai alat bantuk. Namun, Anda bisa melatih kaki dengan beberapa gerakan berikut ini.

  1. Squat

Squat adalah gerakan yang dilakukan untuk mengencangkan otot tubuh, terutama bagian pantat, paha, dan kaki secara keseluruhan. Latihan ini sangat populer untuk melatih otot kaki. Agar kaki bisa terlatih secara maksimal, disarankan untuk menguasai cara melakukan squat yang benar.

  1. Lunges

Lunges dilakukan dengan cara menempatkan kaki ke depan dengan posisi menekuk lutut, sedangkan kaki lainnya berada di belakang dengan posisi lutut tertekuk hingga mendekati rata dengan lantai. Latihan ini sangat efektif melatih kaki, terutama untuk menambah kekuatan, stabilitas, dan fleksibilitas.

  1. Deadlift

Latihan deadlift dilakukan dengan angkat beban dari lantai baik dengan barbel, dumbbell atau alat bantu lain, dengan membuka kaki selebar bahu. Latihan ini akan melatih otot bagian punggung bawah dan tubuh inti. Caranya adalah saat angkat beban, tekuk pinggul dan jaga punggung tetap lurus. Setelah itu beban diangkat dengan dorongan tumit menggunakan otot kaki.

  1. Calf Raises (Jinjit)

Gerakan calf raises adalah gerakan jinjit yang dilakukan dengan cara berdiri tegak, lalu angkat tubuh dengan jinjit setinggi mungkin sehingga beban ditumpukan ke ujung kaki. Latihan ini secara konsisten dapat melatih otot betis.

  1. Side Plank

Cara side plank adalah dengan plank namun dengan tubuh hadap samping. Saat melakukan hal tersebut, tumpuan ada di kaki dan tangan kanan. Setelah itu angkat tubuh dengan pelan. Latihan ini akan membantu menguatkan kaki karena kaki akan lurus dan menahan beban tubuh.

Itulah informasi terkait manfaat leg exercise. Kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.