Apa Itu Circuit Training: Gerakan dan Manfaatnya bagi Kesehatan
Circuit training menjadi pilihan program olahraga bagi orang sibuk (Freepik).

Bagikan:

YOGYAKARTA - Circuit training adalah salah satu bentuk latihan fisik yang dilakukan untuk meningkatkan kebugaran jasmani. Program latihan ini tengah digemari oleh banyak orang karena kegiatannya bisa dilakukan dalam waktu singkat. Lantas apa itu circuit training dan bagaimana langkah-langkah menjalaninya?

Circuit training merupakan program latihan fisik yang cocok bagi orang-orang sibuk atau memiliki mobilitas tinggi. Latihan ini dapat dilakukan dalam waktu yang singkat dan efektif untuk menjaga kebugaran tubuh. Bagi Anda yang tertarik menerapkan program ini, pahami lebih dulu apa itu circuit training dan cara melakukannya.

Apa Itu Circuit Training?

Circuit training diperkenalkan pada tahun 1953 oleh Morgan dan Adamson dari Inggris. Berdasarkan laman resmi Asosiasi Pelatih Kebugaran Indonesia (APKI), circuit training merupakan program latihan dengan kombinasi aerobik dan kekuatan. 

Circuit training umumnya menggunakan konsep high intensity interval training (HIIT). Program latihan fisik ini bisa dilakukan dalam waktu singkat dan terbagi menjadi beberapa pos dan gerakan yang berbeda. 

Latihan fisik circuit training melibatkan kekuatan otot, ketahanan otot, kelincahan, kelenturan, keseimbangan, dan ketahanan jantung serta paru-paru. Latihan ini berperan penting dalam memperbaiki dan menjaga komponen-komponen kondisi fisik. 

Circuit training memanfaatkan sistem excess post-exercise oxygen consumption (EPOC) yang dikenal dengan istilah ‘utang oksigen’. Penerapan sistem tersebut bertujuan supaya tubuh bisa membakar energi lebih banyak meski sudah istirahat atau tidak dalam kondisi latihan. 

Contoh Program Circuit Training

Circuit training harus dilakukan sesuai dengan kemampuan tubuh tiap orang. Langkah ini sangat penting diperhatikan agar program latihan bisa berjalan efektif dan mencapai hasil maksimal. 

Berikut ini contoh program atau metode circuit training dengan empat pos peningkatan kebugaran jasmani. Ikuti beberapa contoh metode latihan ini untuk menerapkannya:

Pos 1 

Jenis latihan: lompat tali (skipping) dengan durasi 20-40 detik 

Pos 2 

Jenis latihan: Lari bolak-balik (shuffle run) 3-5 meter dengan durasi 6-8 kali putaran 

Pos 3 

Jenis latihan: Push up dengan durasi 6-10 kali 

Pos 4 

Jenis latihan: Sit up dengan durasi 10-15 kali

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan saat Melakukan Circuit Training

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat menjalani program circuit training. Perhatikan sejumlah hal berikut ini supaya program circuit training Anda bisa tercapai maksimal. 

  • Menentukan tujuan yang jelas dalam menjalani program circuit training
  • Menentukan gerakan apa saja yang akan dilakukan. 
  • Ragam atau kombinasi gerakan dalam circuit training dapat dilakukan menggunakan alat. 
  • Menyesuaikan gerakan dengan alat yang tersedia atau dapat digunakan. 
  • Menentukan intensitas latihan yang diinginkan. 
  • Sebaiknya memulai latihan dari gerakan intensitas ringan agar tubuh beradaptasi lebih dulu. 
  • Menentukan waktu istirahat untuk setiap gerakan dan perpindahan antarpos. 
  • Melakukan gerakan secara baik dan benar di setiap pos agar terhindar dari cedera.

Manfaat Circuit Training

Program circuit training dapat meningkatkan kemampuan kardiovaskuler dan proses masuk sampai baliknya darah ke kardio bertambah mulus. Selain itu, latihan fisik ini juga berperan dalam menciptakan proses metabolisme tumbuh secara sempurna. 

Berikut ini beberapa manfaat dari program circuit training bagi kesehatan tubuh yang perlu Anda tahu:

  • Meningkatkan kekuatan dan pertumbuhan otot
  • Meningkatkan daya tahan otot
  • Melatih seluruh tubuh
  • Menjaga kesehatan jantung
  • Efisien
  • Mengurangi berat badan
  • Kepatuhan berolahraga
  • Dapat meningkatkan mood
  • Dapat dilakukan oleh pemula

Demikianlah ulasan apa itu circuit training sebagai program latihan fisik yang tengah banyak digemari. Circuit training menjadi solusi kegiatan olahraga bagi Anda yang sibuk atau memiliki mobilitas tinggi. Dilakukan dengan beragam kombinasi latihan, program ini bisa dijalani dengan efisien dan tidak membosankan. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan kabar terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.