Bagikan:

JAKARTA - Chelsea mencoba bangkit setelah kalah lawan Manchester United. Hanya, The Blues berada di momen salah dan bertemu lawan salah saat menghadapi tuan rumah Everton pada pekan ke-16 Liga Inggris 2023/2024 di Stadion Goodison Park, Minggu, 10 Desember 2023, malam WIB.

Lawan salah karena Everton menunjukkan kebangkitan mengesankan. Setelah kalah 0-3 saat menjamu Manchester United, mereka langsung tancap gas dengan menghajar Nottingham Forest 1-0 dan Newcastle United 3-0 pada laga midweek.

Sanksi berupa pengurangan 10 poin menjadi motivasi kuat Everton untuk bangkit. Pasalnya, Everton langsung terjun bebas dan berada di zona degradasi.

Klub asal Liverpool ini pun berusaha keras keluar dari zona merah. Jelas, Everton memang tidak layak berada di papan bawah.

Kemenangan berturut-turut atas lawannya menjadikan The Toffees sudah keluar dari zona merah. Kini, Everton yang memiliki poin 10 berada di peringkat ke-17 atau satu strip di atas Luton yang berada di zona degradasi.

Meski begitu, posisi mereka masih belum aman. Hal itu yang menjadikan Manajer Sean Dyche kembali membidik tiga poin saat menjamu Chelsea.

Bukan perkara The Blues merupakan tim elite Liga Inggris, melainkan Dyce ingin Dwight McNeil dan rekan-rekan bisa meraih kemenangan untuk memperbaiki peringkat.

Kondisi itu tentu menjadi masalah bagi Chelsea. Tim asuhan Mauricio Pochettino menghadapi lawan yang salah di momen yang salah pula.

Pasalnya, klub London Barat ini ingin kembali ke jalur kemenangan setelah kalah 1-2 dari MU. Hasil tersebut menjadikan Chelsea masih tertahan di peringkat ke-10 dengan 19 poin.

"Saya tahu dan mengenal baik Sean Dyche. Bagaimana dengan pencapaian dia di Burnley," kata Pochettino.

"Mereka meraih kemenangan besar saat melawan Newcastle. Ini menjadikan mereka kian termotivasi saat menghadapi kami," ucap eks Manajer Tottenham Hotspur ini.

Pochettino sudah bisa menurunkan gelandang Conor Gallagher yang absen karena suspended saat melawan MU.

Dirinya akan bahu-membahu bersama Raheem Sterling dan Cole Palmer untuk mendukung Nicolas Jackson.

Tidak ada lagi perubahan yang dilakukan Pochettino karena dirinya hanya perlu maramu pemain. Pasalnya, banyak di antara mereka masih muda sehingga harus nyetel dengan mereka yang sudah senior.

Dyche juga tak melakukan banyak perombakan pada skuat. Hanya kapten Seamus Coleman akan bergabung dengan tim setelah absen selama tujuh bulan. Namun, dia kemudian baru turun di babak kedua.

Laga ini bakal menarik dan diprediksi seri meski Everton berpeluang melanjutkan tren positif di kandang sendiri. Hanya saja, Chelsea juga siap bangkit.

Prakiraan Formasi

Everton (4-4-1-1): Pickford; Patterson, Tarkowski, Keane, Mykolenko; Young, Gueye, Doucoure, McNeil; Harrison; Calvert-Lewin

Chelsea (4-2-3-1): Sanchez; James, Disasi, Silva, Colwill; Caicedo, Fernandez; Sterling, Gallagher, Palmer; Jackson