Mohamed Salah <i>Brace</i> saat Liverpool Menang 7-0 atas MU, Rekor Robbie Fowler sebagai Pencetak Gol Terbanyak Klub Terlampaui
Pemain Liverpool, Mohamed Salah. (Foto: Twitter/@LFC)

Bagikan:

JAKARTA - Mohamed Salah sukses mencatatkan namanya dalam buku sejarah Liverpool. Ia melewati rekor Robbie Fowler sebagai pencetak gol terbanyak The Reds di Premier League lewat brace di laga kontra Manchester United.

Dalam laga yang berlangsung Minggu, 5 Maret malam WIB, Salah mencetak gol keempat dan keenam Liverpool di Stadion Anfield. Pada Senin, 6 Maret, tambahan gol itu membuat Salah kini membukukan 129 gol yang melampaui milik Robbie Fowler dengan 128 gol.

Dalam torehan itu, Salah juga mencetak semua golnya lewat 203 pertandingan. Jumlah itu secara signifikan lebih sedikit daripada mantan striker The Reds lainnya.

Salah sukses menjadi ikon timnya di Anfield. Ia telah membantu klub asal Merseyside itu memenangkan gelar Premier League Inggris di musim 2019/2020, di mana itu jadi gelar pertama Liverpool sejak 1992.

Pemenang Golden Boot musim lalu itu juga telah meraih kesuksesan di Liga Champions. Pemain berusia 30 tahun itu memenangkan kompetisi di 2019 dan muncul di final 2018 dan 2022.

Berikut adalah lima momen serangan terbaik Salah untuk Liverpool di Liga Inggris ketika ditangani Jurgen Klopp, seperti dilansir dilansir dari Livescore.com:

Liverpool 1-1 Everton (Desember 2017)

Agenda pertemuan dengan Everton ini menjadi Derby Merseyside pertama untuk Salah yang kemudian membawanya memenangkan Puskas Award 2018. 

Pada laga ini Salah berhasil mengambil bola dari Joe Gomez di sisi kanan, ia kemudian melesat melewati pertahanan Everton melewati tiga pemain belakang sebelum melepaskan upaya menuju gawang. Usahanya melewati Jordan Pickford sebelum melesatkan gol di sudut atas gawang akan selamanya diingat sebagai salah satu gol derby Merseyside yang hebat.

Liverpool 2-2 Tottenham (Februari 2018)

Tak sedikit momen seru yang terjadi di laga Liverpool vs  Tottenham beberapa tahun terakhir, tetapi pergerakan solo Salah di Anfield pada 2018 adalah yang terbaik.

Pada momen itu Spurs sempat menyamakan kedudukan sebelum Salah melakukan serangan. Pemain asal Afrika ini mampu masuk ke pertahanan Spurs meski ia dikawal empat pemain sebelum mengecoh Hugo Lloris.

Liverpool 2-0 Chelsea (April 2019)

Tendangan roket Salah melawan Chelsea pada 2019 adalah salah satu serangannya yang paling berkesan untuk menghiasi lapangan Anfield.  Momen itu akan hidup dalam ingatan setiap penggemar The Reds.

Sadio Mane telah membuka skor beberapa menit sebelumnya, tetapi pemain sayap kelas dunia itu mencuri perhatian lagi setelah menerima bola dari Virgil van Dijk.

Salah mengatur akurasi sepakannya sebelum melewati Emerson dan meraih upayanya ke sudut atas, meninggalkan Kepa Arrizabalaga tanpa peluang.

Liverpool 2-2 Manchester City (Oktober 2021)

Sebelum  ini, Liverpool gagal meraih gelar Liga Inggris hanya karena selisih satu poin dengan City. Tapi gol yang dibuat Salah ketika melawan Manchester City pada Oktober 2021 membuat penggemar The Reds percaya bahwa mereka kemudian menjadi juara sekali lagi.

Pemenang Sepatu Emas tiga kali itu menerima bola dengan punggungnya, sebelum melewati Joao Cancelo dan menari melalui Bernardo Silva. Dia juga mengelabui Aymeric Laporte untuk mengecoh Ederson.

Lewat penampilannya itu, tidak herankan jika Salah kemudian memenangkan penghargaan. Ia menjadi pemain terbaik Liverpool karena naluri mencetak golnya.

Watford 0-5 Liverpool (Oktober 2021)

Jika upaya Salah melawan Man City tidak memenangkan gol terbaik bulan itu, golnya ke gawang Watford bisa menjadi pertimbangan.

Sekali lagi, pemain sayap itu menunjukkan kakinya yang sangat cepat untuk menjaga bola. Dia kemudian menjauh dari segerombolan pemain lawan sebelum menendang dengan kaki kirinya.

Tendangan melengkung ke sudut bawah dengan presisi sedemikian rupa, sehingga Ben Foster seolah terpana atas akurasi tendangan tersebut.