Bagikan:

JAKARTA - KAI Daerah Operasi (Daop) 6 Yogyakarta melakukan antisipasi potensi gangguan perjalanan kereta api (KA) menjelang Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Pemeriksaan kondisi jalur perlintasan kereta api menjadi fokus perhatian. Pihak Daop 6 Yogyakarta tetap perlu melakukan pengecekan secara berkala.

Apalagi pengecekan jalur Kalimenur, Kecamatan Sentolo, Kabupaten Kulon Progo, yang beberapa waktu lalu terjadi peristiwa kecelakaan KA. Kecelakaan itu berimbas kepada perjalanan hampir semua KA.

"Kami sudah mempersiapkan sarana dan prasarana untuk kelancaran serta keselamatan perjalanan kereta api."

"Kalau wilayah selatan bagus kondisinya, termasuk di Kalimenur saat ini juga sudah maksimal bisa di kecepatan 80 km per jam," ujar Manajer Humas Daop 6 Yogyakarta, Krisbiyantoro, dilansir ANTARA.

Selain itu, lanjut Krisbiyantoro, segi prasarana juga dipersiapkan apabila terjadi situasi darurat. Alarm material siaga ditempatkan di stasiun-stasiun besar wilayah Daop 6 Yogyakarta.

"Kami menempatkan di titik-titik stasiun-stasiun besar yang berisi semacam bantalan beton, bantalan kayu juga, perancah, termasuk kantong-kantong plastik yang digunakan untuk diisi pasir. Kami sudah mempersiapkan seperti itu untuk keadaan darurat," tutur Krisbiyantoro.