Mengapa Bet Tenis Meja Berwarna Merah dan Hitam? Ternyata Fungsinya Beda
Mengapa bet tenis meja berwarna merah dan hitam (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Banyak pemain pingpong pemula yang menanyakan, “mengapa bet tenis meja berwarna merah dan hitam?”. Pemilihan warna pada bet tenis meja bukanlah tanpa alasan. Warna merah pada sisi bet dan warna hitam pada sisi lainnya memiliki arti dan fungsi tersendiri. 

Pingpong atau tenis meja sendiri merupakan salah satu olahraga yang cukup digemari oleh masyarakat Indonesia. Untuk memainkan olahraga ini, pemain pingpong harus memukul bola menggunakan bet dengan teknik seperti tenis lapangan. Hanya saja medium pada olahraga bola kecil ini berbeda karena menggunakan meja dan net dengan ukuran lebih kecil. 

Pemain pingpong pemula perlu memahami penggunaan bet atau alat pukulnya. Bet pingpong dibuat dengan lapisan karet berwarna merah dan hitam pada kedua sisi yang berbeda. Lantas mengapa bet tenis meja berwarna merah dan hitam?

Kenapa Bet Tenis Meja Berwarna Merah dan Hitam?

Bet pada tenis meja merupakan alat pemukul atau raket yang dibuat dengan papan kayu dan dilapisi karet. Karet pada bet dirancang untuk menghasilkan kemampuan yang berbeda pada kedua sisinya. 

Meski secara sekilas tidak terlihat jelas, salah satu sisi bet memiliki kekuatan atau power yang lebih dalam memukul bola. Itulah mengapa bet tenis meja dibuat dengan warna merah dan hitam. 

Sebenarnya dulu olahraga tenis meja tidak mempunyai peraturan harus menggunakan bet berwarna merah dan hitam. Namun, seiring berjalannya waktu, pembuatan bet dirancang dengan kemampuan yang berbeda untuk kebutuhan permainan. 

Sisi bet tenis meja yang berwarna hitam dibuat untuk memberikan power yang kuat. Sisi bet ini dapat menghasilkan bola yang lebih deras saat dipukul. Oleh karena itu, bet hitam cocok dipakai saat pemain ingin melayangkan pukulan yang kuat atau keras. 

Sementara sisi bet yang berwarna merah dirancang untuk memberikan speed atau kecepatan. Jadi, sisi bet ini akan memengaruhi kecepatan pukulan ketika berbenturan dengan bola. 

Cara Penggunaan Bet Tenis Berdasarkan Warnanya

Lantaran setiap sisi bet warna merah dan hitam memiliki kemampuan yang berbeda, pemakaian bet juga harus disesuaikan dengan kebutuhan pemainnya. Pemakaian sisi bet berdasarkan warnanya akan menentukan strategi bermain tenis meja. 

Ada pemain yang lebih mengandalkan kekuatan atau power pukulan dan ada yang kerap membutuhkan kecepatan pukulan. Selain itu, dalam momen-momen dan kondisi tertentu, penggunaan sisi bet juga harus disesuaikan. 

Untuk penggunaan bet warna hitam, banyak pemain menempatkannya di posisi forehand. Saat pukulan forehand, pemain membutuhkan kekuatan dan power agar bola melayang kuat. 

Sementaran bet sisi merah biasanya digunakan saat melakukan pukulan backhand. Backhand merupakan teknik pukulan yang lebih sulit dibandingkan forehand karena ancang-ancang atau kondisi pukulannya lebih terbatas. Oleh karena itu, untuk bisa melayangkan pukulan backhand dengan lancar, pemain harus memakai bet merah. 

Meski demikian, ada pendapat lainnya dari beberapa pihak yang menyebut bahwa warna merah dan hitam pada bet tidak memiliki perbedaan. Perbedaan kemampuan dua sisi bet tersebut dianggap hanya berlaku pada bet buatan China. 

Sementara pada bet buatan Eropa disebut tidak ada perbedaan sama sekali dari segi kemampuan untuk pukulan. Namun, terlepas dari perbedaan anggapan tersebut, banyak pemain dunia yang menempatkan bet hitam pada posisi forehand dibanding sisi warna merah. 

Demikianlah ulasan mengapa bet tenis meja berwarna merah dan hitam. Dirancang dengan fungsi yang berbeda pada tiap sisi betnya, pemain pingpong perlu memakai sisi bet yang tepat agar pukulan bisa maksimal. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kami menghadirkan berita terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.