Daftar Pukulan Tenis Meja yang Patut Dikuasai Pemula
Ilustrasi tenis meja (Huskyherz/Pixabay)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Tenis meja adalah olahraga yang mengandalkan pukulan tangan. Maka tak heran para pemain dituntut untuk menguasai berbagai jenis pukulan tenis meja, baik pemain pemula maupun atlet. Bahkan bias dibilang pukulan jadi modal utama untuk bermain tenis meja.

Pukulan Tenis Meja

Secara umum, tenis meja adalah permainan yang memakai bola pingpong dengan bet berlapis karet sebagai pemukul. Seperti namanya, permainan ini dilakukan di atas meja yang dirancang khusus sebagai lapangannya.

Dalam pingpong ada beberapa pukulan yang dilakukan oleh para pemainnya. Pukulan tersebut adalah sebagai berikut.

  1. Service

Dalam permainan pingpong, service pukulan pertama atau pukulan pembuka yang menandai awal permainan. Pukulan ini dilakukan dengan memukulkan bola dari satu pemain kepada pemain lain dengan melewati atas net dan bola memantul di area lapangan lawan.

  1. Push

Pukulan ini dilakukan dengan cara mendorong bola yang berasal dari lawan. Biasanya pukulan push dilakukan tidak dengan kekuatan penuh. Pukulan ini merupakan teknik bertahan dalam permainan pingpong. Pukulan ini biasanya dilakukan jarak dekat atau menengah. Teknik push juga disebut dengan pukulan bertahan yang cukup penting dalam permainan.

  1. Chop

Chop adalah teknik pukulan dalam permainan pingpong yang digunakan dalam strategi bertahan dengan posisi bet horisontal dengan arah sedikit ke atas. Chop dilakukan seperti gerakan menebang pohon. Teknik ini dipakai untuk mengembalikan bola yang dipukul dengan berbagai teknik yang dikeluarkan lawan.

  1. Drive

Pukulan ini dilakukan untuk mendapatkan luncuran bola yang datar namun cepat dan bertenaga. Pukulan ini juga disebut dengan lift, yaitu dasar berbagai pukulan serangan. Pukulan ini jadi modal utama dalam pukulan serangan pingpong.

  1. Block

Seperti namanya, block dilakukan dengan memanfaatkan tenaga desakan yang dilancarkan lawan. Pukulan ini dilakukan saat bola sudah memantul dari meja sehingga lawan tak mampu mengembalikan serangan dengan cepat. Manfaat pukulan block adalah untuk menghambat serangan. Biasanya dilakukan di bagian backhand.

  1. Loop

Pukulan loop ialah pukulan keras top spin. Pukulan ini bisa menghasilkan bola yang berputar ke arah lawan. Pukulan ini salah satu teknik penting dalam jarak pendek dan menengah.

  1. Spin

Pukulan ini dilakukan dengan sedikit memiringkan bet untuk mengembalikan luncuran bola dari lawan. Pukulan ini bisa dilakukan dengan forehand atau backhand. Pukulan spin jadi salah satu cara pemain untuk melancarkan serangan selain dengan teknik smash.

  1. Smash

Pukulan ini dimaksudkan untuk mencuri poin dari lawan yakni dengan meluncurkan bola ke area lemah lawan. Cara smash pingpong adalah dengan memukul bola dengan keras dan tertarget ke arah lawan. Smash yang tepat membuat lawan kesulitan mengembalikan bola.

  1. Flick

Pukulan pendek ini dilakukan dengan cara mengayunkan bet dengan posisi tegak lurus rotasi ke bawah.

  1. Counter Hitting

Pukulan ini bisa disebut dengan teknik dasar permainan tenis meja. Pukulan ini dilakukan dengan memukul bola dengan gerakan menghentikan bola dengan forehand, yakni dengan posisi bet tertutup dan tubuh sedikit menyamping.

Itulah beberapa pukulan tenis meja yang patut diketahui oleh pemula. Untuk mendapatkan informasi menarik lain kunjungi VOI.ID.