Macam-Macam Teknik Pukulan Tenis Lapangan, Pemain Pemula Wajib Belajar
Teknik pukulan tenis lapangan (Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Tenis lapangan kini tengah menjadi olahraga yang digemari oleh masyarakat Indonesia. Olahraga ini bisa dimainkan oleh semua kalangan, baik anak muda hingga orang dewasa. Namun untuk memainkannya ada aturan dan teknik yang harus dipahami. Salah satunya adalah menguasai teknik pukulan tenis lapangan. 

Tren olahraga tenis semakin meningkat di kalangan anak muda sejak ada even Tiba-Tiba Tenis yang digelar oleh Vindes Corp milik seleb Vincent dan Desta. Sejak ramai menjadi sorotan di media sosial, kian banyak orang yang ikut-ikutan bermain tenis. Gelombang tren olahraga ini sangatlah baik karena bermanfaat bagi kesehatan.

Namun dalam bermain tenis tidak hanya asal memukul bola menggunakan raket. Ada sejumlah teknik pukulan tenis lapangan yang perlu dipelajari dan dikuasai. 

Teknik Pukulan Tenis Lapangan

Saat baru mulai bermain tenis, sebaiknya Anda mempelajari cara memukul bola tenis. Banyak pemain pemula yang melakukan pukulan secara asal-asalan. Padahal tanpa menerapkan teknik pukulan, bola bisa melambung dan tidak terlontar sesuai sasaran, hingga dapat menimbulkan cedera. 

Dalam olahraga tenis terdapat beberapa teknik pukulan. Berikut ini macam-macam teknik pukulan tenis lapangan yang perlu Anda tahu.

Serve

Teknik pukulan yang wajib dipelajari pertama kali adalah serve. Sama seperti servis pada olahraga badminton atau tenis meja, pukulan ini dilakukan untuk mengawali permainan. Cara melakukan serve tenis lapangan cukup mudah, yang terpenting adalah fokus, posisi badan yang siap, dan pukulan kuat serta terarah. 

Serve dilakukan dengan berdiri di baseline dan memegang raket menggunakan tangan andalan atau terkuat. Misalnya Anda menggunakan tangan kanan untuk memukul, maka kaki kiri diletakkan di depan sebagai penahan tolakan. Pegang raket dan bola menggunakan masing-masing tangan di depan tubuh. Kemudian bola dilempar ke atas, dan dipukul menggunakan raket saat bola bergerak turun. 

Forehand

Forehand adalah pukulan dengan posisi lengan terbuka. Teknik pukulan ini menjadi pukulan terkuat pemain memakai tangan yang dominan untuk memegang raket. Kunci melakukan forehand yang benar dan maksimal adalah pegangan raket yang kuat dan keseimbangan tubuh. 

Saat melakukan forehand, tekuk lutut Anda dan posisi pinggul ke arah samping (arah tangan yang digunakan memegang raket) saat menanti bola datang. Jika dirasa pegangan satu tangan masih kurang kuat, Anda bisa memegang raket dengan bantuan tangan satunya. Saat bola sudah berada di jarak pukulan, putar badan Anda sambil mengayunkan raket ke arah bola. Putaran badan dan ayunan raket harus dilakukan secara bersamaan dan seimbang agar bisa menghasilkan pukulan yang kuat. 

Backhand

Backhand adalah teknik pukulan dengan posisi tangan tertutup. Pukulan ini diayunkan dengan arah yang berlawanan dari tangan dominan. Backhand bisa dilakukan menggunakan satu tangan maupun dua tangan jika ingin lontaran bola bisa lebih kuat. Teknik pukulan ini biasanya lebih sulit dilakukan dibandingkan forehand. 

Gerakan pukulan backhand dilakukan dengan posisi badan memutar ke samping berlawanan dari tangan dominan yang memegang raket. Saat bola datang dan mencapai jarak pukul, putar badan ke depan bersamaan dengan ayunan raket. 

Dropshot

Dropshot adalah pukulan yang menargetkan titik sasaran di depan net. Pukulan ini dilakukan dari titik lapangan belakang dan mengarahkan bola jatuh di titik yang tipis dengan net atau bahkan menyentuh net. Teknik dropshot dilakukan dengan pukulan pelan, namun penuh dengan keakuratan dan kontrol tinggi supaya bola bisa jatuh di titik yang ditargetkan. 

Spin

Spin adalah pukulan pukulan forehand dan backhand dengan posisi raket sedikit dimiringkan. Teknik pukulan ini akan membuat bola berputar sehingga arahnya sulit ditebak oleh lawan. 

Lob

Lob adalah teknik pukulan untuk menghasilkan bola melambung tinggi dan jatuh di titik belakang lapangan lawan. Teknik ini dilakukan dengan pukulan kuat agar bola bisa mencapai belakang lapangan, namun tetap terkontrol sehingga tidak melewati garis lapangan. 

Volley

Volley adalah teknik pukulan forehand atau backhand ketika posisi bola belum memantul lapangan. Teknik ini dilakukan dengan menempatkan raket di atas kepala menunggu bola datang, kemudian mengayunkan pukulan sekencangnya. 

Groundstroke

Berbeda dengan pukulan volley, groundstroke merupakan teknik pukulan ketika bola sudah memantul satu kali di lapangan. 

Demikianlah beberapa teknik pukulan tenis lapangan yang wajib dikuasai oleh pemain tenis. Dengan menguasai sejumlah teknik tersebut, maka Anda bisa bermain tenis secara maksimal sehingga dapat memenangkan pertandingan. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.