Teknik Dasar Tenis Lapangan: Pemula Auto Jago
Teknik Dasar Tenis Lapangan (Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Bagi siapa saja yang ingin mulai bermain tenis, penting untuk mengetahui semua cara berbeda untuk memukul bola melewati net! Dan bagi siapa pun yang pernah bermain – apakah Anda masih pemula atau pemain kompetitif – selalu ada cara untuk meningkatkan teknik dasar tenis lapangan.

Penting untuk mengetahui pukulan tenis dasar karena ini adalah dasar dari permainan Anda di lapangan. Bagaimana Anda dapat menghasilkan kekuatan dan mengasah akurasi Anda akan memainkan peran besar dalam bagaimana latihan atau pertandingan akan berjalan.

Jadi, apa saja jenis pukulan tenis dasar, dan apa yang harus Anda ketahui tentangnya?

Teknik Dasar Tenis Lapangan

Tenis untuk pemula (Unsplash)
Tenis untuk pemula (Unsplash)

 

Backhand

Ada dua variasi pukulan backhand – pukulan satu tangan dan pukulan dua tangan.

Backhand satu tangan biasanya memberi Anda jangkauan yang lebih jauh, sekaligus menjadi cara terbaik untuk menangani pukulan yang masuk ke tubuh Anda. 

Di sisi lain, backhand dua tangan memberikan lebih banyak kontrol dan stabilitas. Juga umum bagi pemain untuk lebih mudah memukul bola tinggi dengan variasi ini.

Tidak yakin mana yang paling cocok untuk Anda? Cobalah keduanya! Itulah satu-satunya cara Anda akan tahu mana yang terasa paling alami. 

Setelah Anda mendapatkan formulir yang paling Anda sukai, Anda dapat menambahkan hal-hal, seperti beberapa putaran atas.

Tembakan

Kunci sukses melakukan tendangan voli ke belakang melewati net adalah melakukan backswing yang kompak sambil memastikan Anda melakukan kontak dengan bola di depan (dan ke samping) tubuh Anda, serta menjaga gerak kaki yang sehat. 

Sebagian besar pekerjaan dilakukan sebelum bidikan yang sebenarnya, jadi sangat penting bagi Anda untuk menempatkan diri Anda pada posisi yang tepat.

Serve

Kami tidak akan bisa bermain tenis tanpa servis – ini adalah awal dari segalanya! Gagasan umum tentang penggunaan tubuh Anda untuk melakukan servis umumnya akan sama, tetapi penting juga untuk mengetahui tubuh Anda, apa yang bekerja dengan baik, dan apa yang tidak berhasil untuk Anda secara khusus.

Siapa pun dapat memberi tahu Anda bahwa bagian yang paling membuat frustrasi dari servis yang gagal adalah memukul bola langsung ke gawang. Video ini akan membantu Anda mencegah hal itu terjadi lebih sering daripada tidak.

forehand

Forehand pemain biasanya merupakan pukulan terkuat mereka di lapangan tenis. Mengapa demikian? Yah, itu karena pukulan khusus ini biasanya melibatkan tangan dominan pemain yang melakukan sebagian besar pekerjaan. 

Komponen kunci lain dari pukulan forehand yang sukses adalah memiliki gerak kaki yang baik, pastikan raket Anda siap untuk benturan, dan tetap seimbang.

Tidak ada pemain tenis di planet ini yang tidak ingin pukulan forehandnya mudah dan bertenaga. Pelajari beberapa dasar untuk mewujudkannya dengan video ini.

Overhead

Terakhir tetapi yang paling penting, kita memiliki pukulan overhead, yang terlihat sangat mirip dengan servis. Namun, perbedaan utamanya adalah Anda tidak perlu melempar bola tenis ke udara dan itu membutuhkan lebih banyak gerak kaki. 

Untuk melakukan kontak dengan bola di zona serangan ideal Anda – yang akan menjadi tempat yang sama dengan tempat servis Anda – Anda harus bisa mengantisipasi ke mana bola akan pergi sehingga Anda bisa masuk ke posisinya.

Setelah mengetahui teknik dasar tenis lapangan, simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!