Teknik Pukulan Tenis Lapangan Untuk Pemula: 5 Langkah Ini Bisa Bikin Jago!
Teknik Pukulan Tenis Lapangan (Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Jika Anda baru mengenal tenis, Anda mungkin akan setuju bahwa: Terminologi tenis dan berbagai pukulan bisa membingungkan bagi pemula. Ada begitu banyak istilah, definisi, aturan, dan bidikan sehingga jika Anda belum dewasa bermain atau menonton olahraga, semuanya bisa terasa sedikit berlebihan. Ayo kita belajar teknik pukulan tenis lapangan!

Menyadari bahwa tidak semua orang mengetahui dasar-dasar bagaimana memukul bola tenis atau bahkan apa itu “groundstroke”, kita memutuskan untuk menulis panduan pengantar tentang pukulan, istilah, dan definisi tenis dasar ini. Untuk setiap pukulan, kita juga menyertakan uraian sederhana tentang cara melakukannya.

Jika Anda adalah penggemar atau pemain lama, sebagian besar artikel ini akan tampak sangat jelas bagi Anda. Tapi postingan ini untuk pemula yang ingin mempelajari dasar-dasar olahraga, memahami istilah-istilah dasar, dan menjadi akrab dengan lima pukulan inti dalam tenis.

Inilah yang akan kita bahas dalam panduan pengantar ini. Setiap bagian berisi ikhtisar dan petunjuk langkah demi langkah:

Tenis (Unsplash)

Teknik Pukulan Tenis Lapangan

Serve

Servis adalah pukulan terpenting dalam tenis. Semua poin dimulai dengan servis. Kunci dari pukulan ini adalah fluiditas, rotasi, dan penggunaan seluruh tubuh untuk menjentikkan ke atas ke dalam bidikan.

Mulailah dari baseline dengan bola tenis di tangan yang tidak dominan dan raket di tangan lainnya. Gunakan pegangan kontinental untuk melayani. Anda harus diputar ke samping dengan kaki depan kira-kira membentuk sudut 45 derajat ke arah netpost.

Pemain paling sering memulai dengan kedua raket dan bola bersama-sama di depan tubuh, kemudian membawa raket kembali sambil melemparkan bola ke udara dan sedikit ke kanan (untuk tangan kanan) atau kiri (untuk tangan kiri) dan ke dalam. depan tubuh. Anda harus mencapai titik dalam gerakan di mana tangan lempar direntangkan ke atas dan kepala raket mengarah ke atas dan di belakang kepala.

Muat pinggul dan lutut sambil tetap menyamping dan kemudian lepaskan ke dalam servis. Meniru gerakan melempar dengan raket untuk mencambuk ke dalam bola dan memukulnya ke kotak servis lawan. Fokuskan mata Anda pada bola sampai kontak.

Servis membutuhkan banyak waktu dan upaya untuk dikuasai, tetapi upaya itu akan sepadan dengan hadiahnya. Gerakan servis akan terasa alami dan lancar dengan latihan yang konsisten. Perhatian yang cermat pada teknik dan sesi latihan servis yang berdedikasi adalah suatu keharusan jika Anda ingin menjadi mahir dalam servis tenis.

Forehand

Forehand biasanya merupakan pukulan terkuat pemain karena menggunakan tangan yang dominan. Kunci dari forehand yang bagus adalah gerak kaki, persiapan raket, dan keseimbangan. Sebagian besar pemain menggunakan pegangan semi-barat untuk memukul forehand.

Anda harus mengambil posisi, menekuk lutut, dan (seperti servis) tetap berputar dengan pinggul dan badan melingkar sebelum memukul bola. Anda dapat menggunakan tangan non-dominan untuk membantu melacak bola sementara tangan dominan Anda memuat raket sebelum melakukan pukulan.

Panjang backswing yang ideal bervariasi sesuai dengan berapa banyak waktu yang dimiliki pemain untuk memukul bola, tetapi Anda biasanya harus mengikuti pola setengah lingkaran (visualisasikan huruf kecil "c"). Jika Anda menggunakan backswing yang terlalu besar, Anda akan terlambat melakukan kontak dengan bola, yang mengakibatkan hilangnya kekuatan dan pukulan bola yang tidak efisien.

Kadang-kadang, Anda dapat memilih untuk memukul pukulan forehand ketika direntangkan lebar, mendekati net, atau memvariasikan putaran terhadap lawan Anda.

Kembangkan forehand Anda menjadi senjata yang bisa Anda gunakan untuk mendikte poin. Forehand biasanya akan menjadi pukulan kuat lawan Anda.

Backhand

Anda dapat menggunakan backhand satu tangan atau dua tangan. Backhand satu tangan akan memberi Anda jangkauan yang lebih jauh dan lebih cocok untuk menangani pukulan yang masuk ke tubuh daripada backhand dua tangan.

Namun, backhand dua tangan memberikan lebih banyak stabilitas dan kontrol. Pemain juga umumnya memiliki lebih sedikit kesulitan memukul bola tinggi dengan backhand dua tangan dibandingkan dengan satu tangan. Anak-anak mungkin menemukan kekuatan tambahan dari tangan kedua lebih cocok.

Pada akhirnya, Anda harus mencoba backhand satu dan dua tangan untuk melihat mana yang terasa lebih alami bagi Anda.

Mayoritas pemain dengan backhand satu tangan menggunakan pegangan backhand Timur. Untuk backhand dua tangan, sebagian besar pemain menggunakan pegangan timur atau kontinental untuk tangan dominan, dan pegangan timur atau semi-barat untuk tangan non-dominan.

Seperti forehand, Anda harus masuk ke posisi dengan gerak kaki yang sangat baik untuk memukul backhand yang hebat. Keseimbangan, tekukan lutut, persiapan raket, dan rotasi tubuh sangat penting untuk memaksimalkan kekuatan, kecepatan, dan putaran backhand.

Tindak lanjut sangat penting untuk backhand untuk memberikan kedalaman yang cukup ke dalam lapangan. Pemain cenderung memperpendek backswing mereka di backhand, menghasilkan tembakan pendek, lemah, dan datar.

Pastikan untuk tetap seimbang saat melakukan pukulan backhand, dan condongkan tubuh ke depan ke dalam pukulan bila memungkinkan. Pada pukulan backhand dua tangan, tangan non-dominan Anda harus digunakan sama atau lebih banyak dari tangan dominan selama pukulan. Ini memfasilitasi ekstensi yang lebih kuat dan lebih panjang selama tindak lanjut.

Anda juga dapat melakukan pukulan backhand slice, baik untuk mendekati net, melebar, atau untuk membuat lawan memukul bola rendah. Backhand slice yang efektif tetap rendah ke tanah setelah memantul dan bisa menjadi pukulan yang sulit untuk ditangani oleh banyak lawan, terutama mereka yang memiliki pegangan lebih tertutup seperti barat atau semi-barat.

Backhand sering kali merupakan tautan terlemah pemain. Anda harus melatih pukulan ini dan menurunkan teknik yang tepat untuk mencegah lawan Anda mengeksploitasinya selama match play.

Volley

Pemain yang mendekati net akan sering melakukan kontak dengan bola saat berada di udara. Pukulan ini disebut voli. Gunakan pegangan kontinental untuk melakukan tendangan voli.

Kunci voli adalah backswing kompak, membuat kontak dengan bola di depan tubuh (dan ke samping), dan gerak kaki. Sebagian besar pemain memiliki masalah dalam melakukan tendangan voli yang tepat karena mereka tidak mendapatkan posisi yang baik.

Ketika ini terjadi, Anda akan dipaksa untuk meraih bola, atau melakukan pukulan voli terlalu dekat dengan tubuh. Tembakan ini akan terasa canggung, tidak seimbang, dan sulit dikendalikan.

Kelemahan umum lainnya saat melakukan pukulan voli adalah backswing yang besar. Hal ini menyebabkan pemain terlambat melakukan kontak dengan bola. Voli adalah pukulan sederhana dan kompak. Harus ada minimal jika ada take-back saat melakukan tendangan voli. Anda harus menggunakan kekuatan lawan dan berpikir untuk "menghalangi" tembakan dengan bergerak maju sambil memukul voli di depan tubuh Anda.

Anda juga harus menguasai variasi tendangan voli, setengah voli, saat mendekati net. Untuk setengah voli, Anda harus menggunakan persiapan yang sama dan mekanik pukulan kompak seperti voli normal. Perbedaannya adalah bahwa untuk setengah voli, Anda akan melakukan kontak dengan bola tepat setelah menyentuh tanah, bukan sebelum bola memantul.

Overhead

Overhead pada dasarnya adalah servis tenis yang membutuhkan gerak kaki dan tidak melibatkan lemparan bola. Sangat penting bagi Anda untuk masuk ke posisi sehingga Anda dapat memukul overhead di zona serangan ideal Anda (tempat yang sama dengan servis). Anda tidak harus menanam kaki Anda sampai tepat sebelum benturan.

Ini berarti bahwa begitu Anda masuk ke area umum di mana bola akan jatuh, Anda harus terus mengambil langkah-langkah penyesuaian kecil untuk masuk ke posisi yang tepat untuk memukul overhead.

Kepala dan lengan raket harus berdiri dan siap pada waktunya untuk memukul bola. Anda harus berbalik ke samping dan siap untuk melepaskan energi Anda ke dalam yang terdengar, mirip dengan servis. Namun pengambilan kembali raket harus lebih disingkat daripada servis. Gunakan pegangan kontinental untuk memukul overhead.

Jadi setelah mengetahui teknik pukulan tenis lapangan, Simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!