Pukulan Telak, Rusia Mulai Evakuasi Warga Sipil dari Kherson Ukraina
Ilustrasi warga sipil di Kherson. (Wikimedia Commons/Mil.ru)

Bagikan:

JAKARTA - Gubernur wilayah Kherson selatan Ukraina yang diangkat Rusia mengusulkan agar penduduk membawa anak-anak mereka dan pergi ke tempat yang aman, tanda paling mencolok Moskow kehilangan cengkeramannya di wilayah yang diklaim telah dicaploknya.

Kantor berita Rusia TASS melaporkan kelompok pertama warga sipil yang melarikan diri dari Kherson, diperkirakan akan tiba di wilayah Rostov Rusia segera setelah Jumat.

"Setiap hari, kota-kota di wilayah Kherson menjadi sasaran serangan rudal," kata kepala pemerintahan Kherson yang ditempatkan di Rusia Vladimir Saldo dalam sebuah pesan video, melansir Reuters 14 Oktober.

"Dengan demikian, kepemimpinan pemerintahan Kherson telah memutuskan untuk memberikan keluarga Kherson pilihan untuk melakukan perjalanan ke wilayah lain di Federasi Rusia untuk beristirahat dan belajar," jelasnya.

"Kami menyarankan agar semua penduduk wilayah Kherson, jika mereka ingin, untuk melindungi diri dari konsekuensi serangan rudal, pergi ke wilayah lain. Orang harus"pergi bersama anak-anak mereka," tandasnya.

Imbauan untuk pergi terutama diterapkan kepada warga di tepi barat Sungai Dnipro, katanya. Itu termasuk ibu kota regional, satu-satunya kota besar Ukraina yang direbut Rusia secara utuh sejak invasi pada Februari.

Kherson adalah salah satu dari empat provinsi Ukraina yang diduduki sebagian yang diklaim Rusia telah dicaplok dalam beberapa pekan terakhir. Ini provinsi penting, mengendalikan satu-satunya rute darat ke semenanjung Krimea yang direbut Rusia pada 2014, dan 'mulut' ke Dnipro, sungai sepanjang 2.200 kilometer yang membelah Ukraina.

Sejak awal Oktober, pasukan Ukraina telah menerobos garis depan Rusia di sana dalam kemajuan terbesar mereka di selatan sejak perang dimulai. Sejak itu mereka telah maju dengan cepat di sepanjang tepi barat, bertujuan untuk memotong ribuan tentara Rusia dari jalur pasokan dan rute pelarian potensial di seberangnya.

Gubernur wilayah Rostov Rusia mengatakan wilayahnya siap menampung siapa pun yang memilih untuk meninggalkan Kherson, dengan kelompok pertama diharapkan pada Jumat.

Penerbangan warga sipil dari Kherson akan menjadi pukulan besar bagi klaim Rusia, yang telah mencaplok sekitar 15 persen wilayah Ukraina dan memasukkan wilayah seluas Portugal ke dalam Rusia.

Sejatinya, Rusia memusatkan banyak pasukannya yang paling terlatih untuk mempertahankan cengkeramannya di tepi barat Kherson. Tetapi, kekuatan itu hanya dapat disuplai ke seberang sungai, yang lebarnya beberapa kilometer dan memiliki sedikit penyeberangan.

Dalam dua minggu terakhir Ukraina telah merebut kembali petak wilayah, dengan pasukannya menuju bendungan Nova Kakhovka sepanjang 3 km (2 mil) yang menyediakan salah satu penyeberangan sungai terakhir.