Presiden Putin: Turki Mitra Paling Andal untuk Mengirim Gas Rusia ke Eropa
Presiden Erdogan saat bertemu Presiden Putin di Astana, Kazakhstan. (Sumber: Presidency of The Republic of Turkiye)

Bagikan:

JAKARTA - Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan pada Hari Kamis, pasokan gas alam Rusia ke Turki dikirim dalam volume penuh, menyebut Ankara mitra yang paling dapat diandalkan saat ini untuk pengiriman gas alam ke Eropa.

"Berbicara tentang energi hidrokarbon, saya harus mengatakan bahwa pengiriman hidrokarbon kami, termasuk gas alam, dikirim dalam volume penuh dan sesuai dengan permintaan Anda," ujar Presiden Putin saat berbicara dengan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan pada pertemuan mereka di Astana, Kazakhstan, melansir TASS 13 Oktober.

"Kami juga menyediakan transit gas melalui Turki ke negara-negara Eropa dan Turki ternyata menjadi rute yang paling dapat diandalkan saat ini untuk pengiriman gas alam ke Eropa," sambung Presiden Putin.

Presiden Rusia menggarisbawahi, hasil tersebut dicapai 'karena sikap teguh' Presiden Turki Erdogan mengenai pembangunan pipa gas alam Aliran Turki.

"Dalam pengerjaan hub ini, yang bisa kita buat bersama, tentunya juga akan menjadi platform tidak hanya untuk pasokan, tetapi juga untuk menentukan harga, karena ini adalah masalah yang sangat penting," terang Presiden Putin, mengutip Daily Sabah.

"Hari ini, harga-harga ini sangat tinggi. Kita dapat dengan mudah mengatur pada tingkat pasar normal, tanpa nuansa politik apa pun," sambungnya.

Diketahui, Presiden Putin pertama kali menyarankan pada Hari Rabu, Rusia dapat membuat pusat gas utama di Turki dengan mengalihkan pasokan yang ditujukan untuk jaringan pipa bawah laut Nord Stream yang rusak.