Menlu Rusia Tidak Tutup Kemungkinan Presiden Putin Bertemu Presiden Biden di Bali, Stafsus Menlu RI: Indonesia Siap Fasilitasi
Presiden Joe Biden bersama Presiden Vladimir Putin. (WIkimedia Commons/Official White House/David Lienemann)

Bagikan:

JAKARTA - Indonesia siap untuk memfasilitasi permintaan pertemuan bilateral di sela-sela pelaksanaan KTT G20 di Bali pada 15-16 November mendatang, kata Staf Khusus Menteri Luar Negeri untuk Pengutan Program-program Prioritas Dian Triansjah Djani, Kamis.

Ini dikatakan olehnya terkait dengan pertanyaan mengenai pernyataan Menteri Luar Rusia Sergei Lavrov, yang menyatakan tidak menutup kemungkinan pertemuan bilateral Presiden Vladimir Putin dengan Presiden Amerika Serikat Joe Biden di sela-sela pelaksanaan KTT G20.

"Tugas kita sebagai host yang baik, kita akan memfasilitasi permintaan pertemuan bilateral. Sekira ada permintaan untuk pertemuan tersebut, kita telah menyiapkan untuk pertemuan bilateral di antara kepala negara," ujarnya dalam press briefing hybrid dari Kementerian Luar Negeri RI, Jakarta, Kamis 13 Oktober.

"Indonesia siap melaksanakan pertemuan bilateral yang diminta," tandasnya.

Diberitakan sebelumnya, Rusia mempertimbangkan pertemuan pemimpinnya dengan Presiden Amerika Serikat untuk membahas masalah Ukraina, namun belum ada proposal resmi untuk pertemuan seperti itu, kata Menteri Luar Negeri Sergei Lavrov.

Dalam wawancara program '60 Menit' di televisi Rossiya-1, Menlu Lavrov mengatakan Rusia siap mempertimbangkan proposal pertemuan antara Presiden Vladimir Putin dan Presiden Joe Biden di sela-sela KTT G20 di Bali.

"Kami telah mengatakan berkali-kali bahwa kami tidak pernah menolak untuk mengadakan pertemuan. Jika proposal diterima, kami akan mempertimbangkannya," kata Lavrov menjawab pertanyaan tentang prospek pertemuan semacam itu di sela-sela KTT G20, melansir TASS.

Kendati demikian, Menlu Lavrov mengakui hingga saat ini belum ada proposal serius untuk melakukan pembicaraan mengenai Ukraina yang dikirim Washington.