Bagikan:

JAKARTA - Secara umum, aktivitas kehidupan sehari-hari bisa menimbulkan stres. Meski begitu, ada cara untuk mengatasinya dan hal tersebut tak selalu melibatkan waktu berjam-jam untuk meditasi atau yoga. 

Stres kronis tentu saja bisa membuat Anda menderita. Selain psikis, ini juga berbahaya bagi fisik misalnya dapat meningkatkan risiko sakit kepala, masalah perut, kesulitan berkonsentrasi, sulit tidur, penambahan berat badan dan bahkan penyakit jantung, menurut Mayo Clinic. Jadi mengambil langkah-langkah untuk mengendalikan perasaan cemas itu sepadan dengan usaha yang dilakukan.

Hal terbaik, Anda dapat menghilangkan stres dengan cepat menggunakan beberapa strategi super sederhana. Cobalah menerapkan perilaku mudah ini ke dalam rutinitas harian. Aktivitas ini seketika akan menenangkan Anda dan seiring waktu, bisa mengurangi tingkat stres sehari-hari.

1. Tuliskan Perasaan

Ini adalah cara mudah mengungkapkan perasaan yang dapat Anda lakukan kapan saja dan di mana saja. Mencatat apa yang ada dalam pikiran membantu menyuarakan kekhawatiran dan ketakutan.

Dan seiring waktu, dapat juga membantu Anda mengidentifikasi masalah spesifik atau pola pikir negatif yang berkontribusi terhadap stres, sehingga Anda dapat mengambil langkah tepat mengatasinya. Hasilnya, ada kemungkinan besar rasa cemas, kewalahan, atau depresi Anda akan berkurang, menurut University of Rochester Medical Center, dilansir dari Livestrong, Rabu, 6 September.

Beberapa orang suka menuangkan perasaan dalam buku harian karena memungkinkan mereka merefleksikan perasaan seiring berjalannya waktu. Namun menurut sebuah penelitian yang diterbitkan pada November 2012 di jurnal Psychological Science, menuliskan pemikiran Anda pada selembar kertas dan kemudian membuangnya ke tempat sampah juga bisa efektif. Membuang pemikiran yang sudah ditulis sebenarnya dapat membantu menjernihkan pikiran.

(Nataliya Vaitlevich/Pexels)

2. Dengarkan Musik

Mendengarkan musik mampu menyeimbangkan respons stres dengan menurunkan kadar hormon kortisol serta gula darah, demikian temuan ulasan tahun 2018 terhadap 44 penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Progress in Brain Research. Tinjauan tersebut menyimpulkan bahwa jenis musik apa pun dapat membantu menurunkan level stres, jadi pilihlah musik apa pun yang ingin Anda dengar.

Pastikan untuk melakukannya dengan niat. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal ​Psychoneuroendocrinology​, mendengarkan musik untuk tujuan relaksasi punya manfaat yang besar.Hasilnya, Anda mulai merasa lebih tenang dan rileks seketika.

3. Peliharalah Anjing atau Kucing

Bergaul dengan teman berbulu meningkatkan produksi oksitosin, hormon cinta yang meningkatkan perasaan dekat dan sejahtera. Ini juga mengurangi produksi hormon kortisol. Dan hal itu dapat membantu menghentikan perasaan seperti stres dan kecemasan, menurut Anxiety and Depression Association of America.

4. Hirup aroma lavender

Aroma lavender memiliki efek menenangkan yang dapat meningkatkan mood dan meredakan kecemasan. Lavender mengandung beberapa senyawa yang berfungsi mengaktifkan reseptor menenangkan di otak dalam penelitian pada hewan, menurut ulasan pada bulan Oktober 2015 di ​Molecules​.

Sedangkan, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Advanced Nursing menemukan bahwa pasien perawatan intensif yang mencium aroma lavender dilaporkan merasa lebih positif dan tidak terlalu cemas.

Tambahkan dua atau tiga tetes minyak esensial lavender ke dalam dua gelas air. Celupkan kain lap ke dalam campuran dan usapkan kain tersebut ke wajah atau sekitar leher Anda, saran dari Cleveland Clinic. Sedang bepergian? Cobalah mengoleskan losion beraroma lavender.

5. Atur napas

Terkadang Anda hanya perlu berhenti sejenak untuk menarik dan menghembuskan napas dalam-dalam. Pernapasan dalam perut membutuhkan lebih banyak oksigen daripada pernapasan dada dangkal yang dilakukan saat sedang stres, menurut Harvard Health Publishing.

Hal ini memperlambat detak jantung Anda dan menyebabkan tekanan darah Anda turun, mengirimkan pesan ke otak bahwa inilah saatnya untuk menenangkan diri.

Untuk menghilangkan stres dengan cepat, hentikan aktivitas Anda dan duduklah dalam posisi nyaman. Tarik napas dalam-dalam melalui hidung, biarkan perut Anda mengembang sebesar mungkin. Buang napas, pertahankan bibir Anda dalam bentuk O sampai semua udara keluar dari perut, menurut University of Michigan Medicine. Ulangi metode ini secara perlahan hingga 10 kali dan Anda akan merasa jauh lebih baik.