5 Alasan Kenapa Kulit Terasa Lengket setelah Memakai Skincare
Ilustrasi alasan kenapa kulit terasa lengket setelah memakai skincare (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Memakai skincare bertujuan menjaga kulit tetap lembap dan tidak mengalami masalah. Tetapi kalau skincare dipakai dan menyebabkan kulit terasa lengket, pasti ada yang salah. Harusnya setelah mengaplikasikan skincare, krim akan terserap sempurna dalam lima menit setelah pengaplikasian. Kalau tidak berhasil, maka cek alasan kenapa kulit terasa lengket setelah memakai skincare dalam penjelasan di bawah ini.

1. Mengaplikasikan terlalu banyak produk

Ukuran bahan yang diaplikasi harus tepat, enggak boleh kebanyakan. Karena menggunakannya terlalu banyak tidak dapat memberikan hasil lebih cepat atau membuat kulit lebih baik. Kulit hanya mampu menyerap jumlah yang cukup, sisanya akan tetap berada di permukaan dan terasa lengket.

2. Menggunakan produk skincare yang salah

Setiap jenis kulit memiliki permasalahan yang berbeda dan oleh karena itu, kebutuhannya berbeda-beda. Jika Anda memiliki kulit berminyak, jangan memakai skincare yang diformulasikan untuk produk kering karena akan memperparah masalah kulit dan mempersulit penyerapan. Maka saat membeli produk skincare, seleksi betul dan pilih yang sesuai dengan kondisi kulit Anda.

alasan kenapa kulit terasa lengket setelah memakai skincare
Ilustrasi kulit terasa lengket setelah memakai skincare (Freepik/Azerbaijan_stockers)

3. Tidak mengikuti urutan penerapan yang benar

Mengaplikasikan produk skincare berurutan tampak seperti pekerjaan yang sederhana, namun banyak orang yang tidak melakukannya. Anda juga perlu mengikuti aturan penggunaan yang benar untuk memastikan kemanjuran produk. Misalnya, pelembap bertekstur lebih kental harus diaplikasikan setelah memakai serum. Alasannya, karena kalau diaplikasikan lebih dulu akan membuat kandungan serum lebih sulit terserap sempurna dan membuat kulit terasa lengket.

4. Urutan pemakaian sangat berdekatan

Produk perawatan kulit membutuhkan waktu beberapa menit untuk terserap ke dalam kulit. Melapisi produk satu demi satu akan membuat residu lengket di permukaan dan mencegah produk melakukan tugasnya. Jadi, berikan waktu yang cukup pada setiap produk untuk terserap sebelum mengaplikasikan urutan skincare selanjutnya.

alasan kenapa kulit terasa lengket setelah memakai skincare
Ilustrasi alasan kenapa kulit terasa lengket setelah memakai skincare (Freepik)

5. Menggunakan produk kadaluwarsa

Jika produk skincare yang Anda pakai selama ini berfungsi dengan baik dan tiba-tiba membuat kulit lengket serta berminyak, inilah saatnya memeriksa tanggal kadaluwarsanya. Melansir Bebeautiful, Senin, 4 September, meletakkan produk skincare di bawah sinar matahari juga dapat mengubah tekstur dan efisiensinya. Jadi, disarankan menyimpan produk di tempat yang sejuk dan gelap.

Itulah kelima alasan kenapa kulit terasa lengket setelah memakai skincare. Kalau Anda mengalaminya, mulailah identifikasi cara memakai, jenis formulasi skincare, dan tanggal kadaluwarsa produk skincare Anda.