Ciri-Ciri <i>Breakout</i> karena Skincare Tidak Cocok, Kenali Ini Penjelasannya
Ilustrasi ciri-ciri jerawat breakout karena skincare tidak cocok (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Terdapat berbagai jenis jerawat, tetapi ketika mengalami breakout karena memakai skincare baru ataupun yang rutin dipakai, penting untuk dikenali ciri-cirinya. Umumnya, jerawat tumbuh karena kurang tepat membersihkan wajah, perubahan hormon, atau karena hal lain terkait dengan bahan aktif dalam skincare.

Purging, dikenal sebagai salah satu jerawat yang tumbuh karena reaksi kulit terhadap kandungan skincare untuk pengelupasan. Berbeda dengan breakout yang bisa disebabkan oleh iritasi, reaksi alergi, stres, makan makanant ertentu, dan pori-pori tersumbat. Ciri-ciri breakout, melansir Medical News Today, Selasa, 27 Februari, di antaranya bisa berbentuk whitehead, blackhead, bisa berlangsung berbulan-bulan, tumbuh di area kulit tertentu, berbentuk nodul dan kista atau keduanya, dan bengkak serta terasa nyeri.

Namun purging dan breakout bisa sama-sama disebabkan terkena kandungan skincare. Kalau purging yang menandai ketidakcocokan skincare, berlangsung lebih dari 4-6 minggu, jelas Sapna Palep, dokter kulit bersertifikat dilansir Byrdie. Tambah dokter Elizabeth Tanzi, profesor dermatologi klinis, ada beberapa bahan aktif yang menjadi masalah bagi sebagian orang. Seperti tabir surya kimia, benzoil peroksida, dan asam salisilat.

ciri-ciri jerawat breakout karena skincare tidak cocok
Ilustrasi ciri-ciri jerawat breakout karena skincare tidak cocok (Freepik/Azerbaijan_stockers)

Bedanya, purging biasanya terjadi karena bahan-bahan yang berfungsi untuk pengelupasan kulit. Seperti retinol, asam alfa hidroksi, asam beta hidroksi, serta asam salisilat dan benzoil peroksida. Sedangkan breakout, bisa karena menggunakan skincare atau makeup yang mengandung minyak berlebih, tabir surya, atau bahan lain yang dapat menyumbat pori-pori. Contohnya formula riasan komedogenik, yang bisa menyebabkan jerawat breakout.

Nah, pesan dokter kulit bersertifikat, penting untuk mengidentifikasi setiap kandungan dan jenis skincare yang dipakai ke dalam rutinitas Anda. Terkadang, produk yang Anda gunakan dapat mengiritasi kulit karena berbagai alasan, seperti menyumbat pori-pori yang dapat menyebabkan jerawat, atau memicu reaksi alergi yang dapat menyebabkan iritasi.

Untuk memastikan itu purging atau breakout, selain mengenali kandungan skincare yang dipakai, tetaplah merawat wajah seperti ketika mengalami jerawat biasa. Jaga kulit tetap terhidrasi dan tahan keinginan untuk memencet jerawat. Lebih penting lagi, temui dokter kulit bersertifikat guna mengevaluasi reaksi yang terjadi pada kulit wajah Anda.