Manfaat Sehat Menggeliat di Pagi Hari Setelah Bangun Tidur
Ilustrasi Orang Menggeliat (Andrea Piacquadio/Pexels)

Bagikan:

Menggeliat atau ngulet merupakan respons tubuh ketika bangun tidur, duduk, berbaring terlalu lama, dan bosan. Menggeliat ternyata memiliki manfaat bagi tubuh.

Berikut 5 manfaat menggeliat untuk kesehatan tubuh.

Melemaskan otot dan sendi

Setelah tidur atau duduk selama berjam-jam, tubuh akan mengalami kaku atau tegang. Hal ini diperparah juga dengan kebiasaan atau gaya hidup jarang berolahraga, makan tidak seimbang, suhu ruangan terlalu dingin, dan lain sebagainya.

Hal tersebut dapat membuat otot dan sendi kemudian mengirimkan sinyal melalui neuron saraf menuju otak untuk melakukan peregangan. Respons ini berupa geliat. Untuk itu, geliat berfungsi untuk melemaskan kaku dan tegang pada sendi dan otot.

Meningkatkan suhu tubuh

Selama tidur, suhu tubuh akan menurun hingga mencapai 35 derajat celsius. Suhu normal tubuh manusia berkisar antara 37 -38 derajat celsius. Maka dari itu, untuk meningkatkan suhu tubuh, otak memberikan rangsangan untuk menggeliat. Menggeliat bisa membantu menghangatkan tubuh supaya lebih segar.

Melancarkan peredaran darah

Terlalu lama duduk atau berbaring membuat peredaran darah menjadi terhambat. Salah satu contoh misalnya mata berkunang-kunang saat beranjak bangun. Hal ini terjadi ketika peredaran darah terhambat.

Untuk itu, menggeliat membantu untuk melancarkan peredaran darah dan cairan tubuh sehingga lebih merasa lebih segar karena otot serta otak mendapat asupan oksigen cukup untuk bekerja seharian.

Memacu kemampuan kognitif

Menurut American College of Sports Medicine, peregangan juga dapat meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh, tak terkecuali otak. Ketika aliran darah lancar, tingkat konsentrasi serta ketajaman pancaindra pun akan semakin tinggi.

Melepas stres

Sebuah studi tentang kebiasaan menggeliat dengan tingkat stres menemukan bahwa menggeliat bisa membantu mengusir stres. Tak hanya itu, menggeliat juga membantu mengurangi ketegangan atau gugup.

Ketika menggeliat, tubuh memproduksi zat endorfin sebagai pemicu rasa senang dan pikiran positif. Selain itu, setelah geliat badan juga akan terasa lebih berstamina untuk menghadapi berbagai tantangan dan kesibukan harian.