Tips Meningkatkan Kualitas Hidup Sehat dalam 30 Menit
Ilustrasi Hidup Sehat (Nathan Cowley/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Keterbatasan waktu yang dimiliki dalam sehari membuat sebagian orang sering mengabaikan gaya hidup sehat. Akibatnya, beberapa perubahan pada tubuh dan kulit seperti cepat lelah, keriput, dan rentan terhadap penyakit tidak dapat dihindari.

Padahal, Anda bisa menyisikan waktu singkat setidaknya 30 menit untuk menerapkan gaya hidup lebih sehat. Penasaran bagaimana cara menjalankannya? Simak terus informasi di bawah ini.

Pagi Hari

10 Menit Jalan Pagi

Apakah jogging, bersepeda, dan treadmill masih terasa berat dilakukan pada pagi hari? Jika ya, mungkin Anda bisa mencoba luangkan waktu 10 menit untuk berjalan kaki di sekitar rumah sesaat setelah bangun tidur atau sebelum waktu mandi. 

Melakukan olahraga ringan sambil ditemani sinar matahari dan udara pagi yang segar tentu bisa jadi moodbooster bagi Anda untuk menjalani hari.

20 Menit Sarapan

Sarapan telah terbukti secara ilmiah dapat meningkatkan produktivitas dan menjaga mood agar tetap stabil. Untuk itu, sesibuk apapun Anda, usahakan untuk jangan melewatkan sarapan.

Tidak hanya membuat tubuh lebih bertenaga, sarapan juga bermanfaat meningkatkan daya ingat dan menjaga pikiran untuk tetap fokus. Pilihlah menu sarapan yang tinggi karbohidrat, serat, lemak baik, dan zat besi.

Siang Hari

15 Menit Stretching Ringan

Bekerja terus menerus di depan laptop dapat membuat tubuh Anda jadi lebih cepat lelah. Untuk kembali segar, coba lakukan peregangan di sela-sela waktu kerja. Cukup luangkan waktu 15 menit dengan melakukan gerakan-gerakan yang mampu menjaga kebugaran serta mengembalikan performa tubuh saat di kantor. 

Anda bisa melihat video rekomendasi stretching di berbagai kanal agar lebih mudah dipraktikkan. Selain stretching, jangan lupa selalu minum air agar tetap segar dan terhindar dari dehidrasi.

Tidur Siang 15 Menit

Tidak hanya mengembalikan kesegaran tubuh, tidur siang pun dapat bermanfaat dalam meningkatkan daya ingat, meningkatkan kewaspadaan, meningkatkan mood, menambah kreativitas, hingga mengatasi insomnia.

Jadi, tak ada salahnya bila Anda mencuri waktu 15 menit di sela aktivitas kerja untuk tidur siang,

Malam Hari

15 Menit Skincare

Setelah beraktivitas seharian, kulit pun rentan merasa lelah. Inilah alasan mengapa pentingnya melakukan skincare saat malam hari. Cukup luangkan waktu sekitar 15 menit untuk skincare guna mengembalikan keremajaan dan kesegaran kulit saat bangun keesokan hari.

15 Menit Meditasi

Sebelum tidur, tak ada salahnya meluangkan waktu 15 menit untuk meditasi atau yoga untuk membantu tubuh dan pikiran Anda kembali rileks sebelum tidur.

Rupanya, tidak sulit kan menjalani hidup sehat? Cukup luangkan waktu 30 menit pada pagi, siang, dan malam hari maka kualitas hidup sehat Anda dapat meningkat.