Cara Mengatur Pola Tidur saat Bulan Ramadan
Ilustrasi (Vlada Karpovich/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Saat memasuki bulan Ramadan, tentu tidak hanya hal-hal kecil saja yang berubah di keseharian Anda seperti pola makan, tapi juga pola tidur pun ikut berganti. Pasalnya, dengan rutinitas sahur di pagi hari membuat Anda merasa lebih mengantuk dan pola tidur jadi berantakan.

Nah, untuk memperbaiki pola tidur agar tidak mudah mengantuk setelah sahur dan kuat tahan kantuk saat siang hari, simak tips berikut ini.

Olahraga rutin

Agar Anda dapat tidur nyenyak saat berpuasa, sebaiknya coba untuk rutin berolahraga. Pilih waktu sekitar empat sampai lima jam sebelum tidur untuk berolahraga. Ini artinya Anda mengambil waktu satu jam setelah berbuka untuk berolahraga. Dengan olahraga, kualitas tidur akan lebih baik saat puasa. 

Tidur siang

Jika sempat, luangkan waktu untuk tidur siang sekitar 15 hingga 30 menit. Tidur siang dalam waktu yang singkat namun berkualitas akan berpengaruh banyak bagi tubuh Anda. selain dapat mengendalikan stres, tidur siang juga mampu mengganti waktu tidur yang kurang pada malam hari.

Jangan makan sebelum tidur

Usahakan untuk pergi tidur dalam keadaan kelaparan ataupun kekenyangan. Makan besar beberapa jam sebelum pergi tidur dapat mengurangi kualitas tidur dan bisa menyebabkan stroke. Jika memang terbiasa makan sebelum tidur, makanlah makanan ringan dengan nutrisi tinggi, seperti buah ataupun biskuit sehat.

Tidur lebih awal

Jika tak sempat berolahraga, maka sebaiknya tidurlah lebih awal. Setelah sholat tarawih, sisihkan 90 menit untuk melakukan aktivitas tersisa untuk hari itu lalu bersiaplah untuk tidur. Membiasakan diri untuk tidur lebih awal sangat baik untuk kondisi tubuh Anda.