Bagikan:

JAKARTA - Gigi menjadi salah satu bagian terpenting dalam tubuh yang harus dijaga kebersihannya. Berdasarkan drg. Kim Seong Seon yang merupakan dokter gigi asal Korea Selatan mencoba mengungkapkan cara menggosok gigi yang baik dan benar.

Kim Seong Seon menjelaskan kalau lebih baik bila menyikat gigi 40 menit setiap setelah makan selama 6 menit lamanya. Ia menyampaikan semakin lama menggosok gigi, semakin bagus.

"Makan apa saja boleh tapi jangan langsung menyikat gigi. Kurang lebih tunggu selama 40 menit baru sehabis itu sikat gigi. Kemudian, usahakan jangan hanya sebentar, melainkan selama 6 menit. Sebelumnya disarankan 3 menit, kalau menurut saya 6 menit," kata drg. Kim Seong Seon dalam Konferensi Pers Program Hidup Sehat di TVOne di daerah Kuningan, Jakarta Selatan, Senin, 24 Juni.

"Semakin lama semakin baik yang paling penting sikat gigi. Tidak masalah makan gula atau makanan lainnya, bukan," tambahnya.

Kemudian, Kim Seong Seon menuturkan bahwa pada saat menggosok gigi hal yang paling penting ialah sikat yang digunakan bukan pasta gigi yang dipakai.

Oleh karena itu, Kim menyampaikan bahwa sikat gigi tanpa odol juga bisa dilakukan.

"Sikat gigi pakai odol, mana yang penting? Sebenarnya sikat lebih penting. Odolnya tidak penting," jelas Kim Seong Seon

"Karena sikat gigi lebih penting jadi menyikat gigi tanpa odol juga tidak apa-apa," tambahnya.

Lebih lanjut dokter gigi yang memulai kariernya di Korea dan telah berpengalaman lebih dari 40 tahun ini menyarankan untuk tidak merendam sikat gigi ke dalam air sebelum menyikat gigi alias harus dalam kondisi kering.

"Sama juga seperti sebelum menyikat gigi pasti direndam dulu. Betul kan? Rendam dulu kan? Tidak boleh rendam. Tidak boleh rendam, langsung aja. Kering," imbuhnya.

Karena pengalamannya di bidang kedokteran gigi, Kim Seong Seon didapuk untuk berbagi pengetahuan dan tips mengenai kesehatan gigi di program Hidup Sehat Plus setiap hari Rabu pukul 09.30 WIB mulai tanggal 26 Juni 2024.

Hal ini disambut positif oleh Maria Goretti Limi, Direktur Bisnis, Marketing/Sales & Programing tvOne yang berharap dapat membantu meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut dengan menghadirkan dokter gigi yang ahli dibidangnya.

“Ini hal yang baik ya, dengan adanya kerjasama atau kolaborasi bersama dokter yang berpengalaman apalagi sudah puluhan tahun di program tvOne, tentunya bisa menjadi nilai tambah. Pastinya informasi yang disampaikan menjadi lebih valid dengan penyampaian yang mudah dipahami. Semoga program Hidup Sehat terus menjadi referensi acara kesehatan favorit bagi masyarakat," tutup Maria Goretti Limi.