Bagikan:

YOGYAKARTA – Anjuran untuk rajin gosok gigi perlu diikuti. Namun ada banyak informasi salah kaprah akibat anjuran yang ditelan mentah-mentah. Salah satu anjuran yang sering diartikan kurang tepat adalah sikat gigi setelah makan. Sebagian orang mengikuti anjuran tersebut dengan menggosok gigi tepat setelah ia makan. Lalu bagaimana seharusnya?

Sikat Gigi Setelah Makan, Tepatkah?

Anjuran untuk sikat gigi setelah makan untuk kesehatan memang benar. Yang perlu digarisbawahi adalah kapan sikat gigi setelah makan sebaiknya dilakukan.

Dilansir dari AI Care, gosok gigi setelah makan sangat tidak dianjurkan untuk kesehatan gigi dan mulut. Jika ingin gosok gigi setelah makan, disarankan untuk memberi jeda atau menunggu setidaknya 60 menit setelah makan. Khususnya jika makanan yang dikonsumsi sifatnya asam.

Pasalnya sikat gigi di waktu yang berdekatan dengan makan atau minum akan berimbas pada pelemahan enamel gigi. Saat enamel gigi melemah, proses pengikisan akan sangat mungkin terjadi.

Hal serupa juga disampaikan oleh Ezzard Rolle , DDS, asisten profesor kedokteran gigi di Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Columbia. Ia menyarankan agar menunda sikat gigi setelah makan makanan asam apapun makanannya.

“Kami sangat menyarankan untuk menunda menyikat gigi setelah mengonsumsi sesuatu yang asam, baik itu buah, soda, jus, atau permen asam,” kata Ezzard Rolle, dikutip dari situs resmi Universitas Columbia.

Menyikat gigi setelah makan akan melemahkan lapisan luar gigi yang disebut email gigi. Lapisan itu akan rusak jika digosok dengan sikat gigi. Untuk mencegah hal itu disarankan untuk menunggu sekitar 30 menit. Dengan meninggu selama 30 menit, email gigi akan terbentuk lagi atau remineralisasi.

"Setelah makan atau minum sesuatu yang asam, saya selalu menyarankan untuk berkumur atau minum air, yang akan memulai proses remineralisasi email."

Tips Sikat Gigi Setelah Makan

Selain memberikan jeda, ada beberapa tips gosok gigi setelah makan yang bisa dilakukan oleh masyarakat yakni sebagai berikut.

  1. Pilih Sikat dengan Bulu Lembut

Usahakan untuk memilih sikat gigi dengan bulu yang tidak terlalu keras. Banyak orang menganggap bahwa bulu sikat yang keras akan membuat gigi lebih bersih. Pemahaman tersebut kurang tepat. Disarankan untuk memilih sikat dengan bulu yang lembut karena bulu keras akan mengikis email. Selian itu sikat gigi keras akan memicu gigi jadi sensitif.

  1. Posisikan Sikat Gigi Pada Sudut 45 Derajat

Saat menggosok, posisikan sikat gigi dengan sudut 45 derajat dari gusi. Selain itu Anda juga harus memperhatikan cara memegangnya. Pegang gagang sikat posisi sejajar dengan gigi. Gerakkan sikat dengan arah memutar. Teknik ini sangat efektif untuk membersihkan gigi serta aman untuk gusi dan gigi.

  1. Gunakan Dental Floss

Selain gosok gigi, disarankan untuk membersihkan gigi dengan dental floss atau benang gigi. Pembersihan dengan benang gigi dilakukan dua kali sehari. Dental floss akan membantu membersihkan sisa makanan di sela gigi setelah makan.

Selain terkait sikat gigi setelah makan, kunjungi VOI.id untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.