Bagikan:

JAKARTA - Saat jalan-jalan ke Bangka Belitung, Pulau Lengkuas merupakan destinasi wisata yang wajib untuk dikunjungi. Pulau ini berada di sebelah utara Pantai Tanjung Kelayang, Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung.

Meskipun ukurannya kecil, Pulau Lengkuas menawarkan beragam keindahan alam yang bisa dinikmati. Pulau ini dipenuhi dengan pemandangan pantai yang indah, pepohonan palem yang rimbun, dan bebatuan besar yang sangat menyenangkan untuk dipanjat atau berenang di bawahnya.

Dikutip dari Indonesia Travel, gugusan batu granit raksasa yang unik di pulau ini dapat dicapai dengan berjalan melintasi perairan dangkal yang kedalamannya tidak lebih dari 1,2 meter. Air sangat jernih sehingga bisa melihat sampai dasar laut dengan jelas.

Di bawah permukaan perairan di sekitar pulau dipenuhi berbagai jenis ikan berwarna-warni, terumbu karang yang masih asli, hingga bintang laut.

Perairan lautnya yang cukup tenang dan dangkal menjadikan pulai ini sebagai tempat yang tepat untuk berenang dan snorkeling. Anda juga dapat menikmati suasana angin segar dengan berbaring di pantainya yang berpasir putih lembut.

Selain keindahan pantainya, di Pulau Lengkuas juga terdapat mercusuar tua yang ikonik. Mercusuar ini dibangun oleh Belanda pada tahun 1882 lalu.

Sejak dibangun hingga saat ini fungsi utama mercusuar masih dipertahankan hingga saat ini, yakni memandu kapal-kapal yang berlayar keluar masuk Pulau Belitung. Tinggi mercusuar kurang lebih 50 meter, setinggi gedung 12 lantai.

Pemandangan yang ditawarkan dari atas mercusuar sangat memukau. Anda bisa mendapatkan pemandangan 360 derajat lengkap dari Pulau Lengkuas dan semua keajaiban yang mengelilinginya, termasuk air jernih dan pulau-pulau kecil lainnya.

Sementara itu, untuk mencapai Pulau Lengkuas, Anda bisa menyewa perahu dari Tanjung Kelayang, Tanjung Binga, dan Tanjung Tinggi. Dari Tanjung Kelayang perjalanan dengan perahu memakan waktu kurang lebih 20 menit.

Perjalanan perahu dari Tanjung Binga dan Tanjung Tinggi memakan waktu sekitar 30-45 menit. Sepanjang perjalanan menggunakan perahu, Anda akan disuguhkan pemandangan mempesona beberapa pulau kecil lainnya di lepas pantai Belitung.