Di Pulau Lengkuas, Delegasi G20 Penasaran dengan Sejarah Batu-batu Besar dan Mercusuar
Foto via Pemprov Kepulauan Bangka Belitung

Bagikan:

JAKARTA - Para delegasi G20 dari 22 negara kagum melihat keindahan alam Pulau Lengkuas Kabupaten Belitung Timur di Kepulauan Bangka Belitung. Malah mereka tertarik untuk kembali berwisata ke Negeri Laskar Pelangi itu.

"Para delegasi G20 ini sangat terkesan dan kagum dengan keindahan Pulau Lengkuas ini," kata Penjabat Gubernur Kepulauan Babel, Ridwan Djamaluddin di Belitung, Sabtu 10 September dikutip dari laman resmi Pemprov Kepulauan Bangka Belitung.

Saat berkunjung ke Pulau Lengkuas ini, para delegasi G20 dari 22 negara ini banyak bertanya mengenai proses terjadinya batu-batu besar tersusun rapi di pulau ini.

Foto via Pemprov Kepulauan Bangka Belitung

“Pertama, mereka banyak bertanya mengenai batu-batu ini. Sangat besar dan bagaimana proses terjadinya. Kita jelaskan secara ilmiah dan secara geologi. Kemudian mereka sangat terkesan, sejak tahun 1882 sudah ada menara mercusuar ini, untuk apa menara ini. Kita jelaskan menara ini untuk kepentingan pelayaran, dan mereka terkesan dengan ketersediaan informasi yang telah kita upayakan. Kita bisa lihat, bagaimana delegasi-delegasi bisa terkesan dengan persiapan kita dan keterlibatan masyarakat. Mereka senang melihat jalan dan kota yang bersih. Mereka senang melihat anak-anak yang melambai-lambaikan bendera menyambut mereka. Mereka sangat berterima kasih dengan kehangatan kita. Mereka juga senang dengan produk-produk UMKM kita yang ramah lingkungan, nilai seni tinggi, dan menggerakkan ekonomi masyarakat,” jelasnya.

Menurut dia para delegasi selama perhelatan G20 di Pulau Belitung sangat senang dan terkesan dengan persiapan pemerintah daerah dengan melibatkan masyarakat. Mereka senang melihat jalan dan kota yang bersih.

Tidak hanya itu, para delegasi ini juga sangat senang melihat anak-anak yang melambai-lambaikan bendera menyambut mereka. Mereka sangat berterima kasih dengan kehangatan yang masyarakat berikan kepada mereka.

"Mereka juga senang dengan produk-produk UMKM yang ramah lingkungan, bernilai seni tinggi dan menggerakkan ekonomi masyarakat,” katanya.

Head of Cabinet for Commissioner Urpilainen of Europian Commision, Tanelli Lahti kagum dengan keindahan Pulau Belitung. Tak segan, dirinya ingin memboyong keluarganya untuk mendatangi Belitung bersama.

Ia mengaku pengalaman di Pulau Belitung luar biasa. Saya baru saja tiba di sini dan melihat ini dan itu baru bagi saya. Aku belum pernah melihat ini sebelumnya. Ini pertama kalinya saya mengalami hal seperti ini.

"Uniknya, saya suka suasananya luar biasa. Alamnya sangat luar biasa,” katanya.