Sukseskan G20, BMKG Bangka Belitung Siapkan Informasi Khusus Perkembangan Cuaca
Ilustrasi. (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan memberikan informasi secara khusus perkembangan kondisi cuaca selama The Group of Twenty (G20) di Pulau Belitung pada September 2022. Saat ini BMKG Provinsi Kepulauan Babel telah memiliki peralatan radar cuaca, AWOS, AAWS Toboli, ARG Lubuk Besar, ARG Air Gegas dan taman alat untuk memantau perkembangan kondisi cuaca di daerah ini.

"Alhamdulillah, kita memiliki peralatan untuk memantau perkembangan cuaca untuk menyukseskan G20 di Pulau Belitung," kata Kepala BMKG Provinsi Kepulauan Babel Agus Tri dikutip Antara, Minggu 29 Mei.

Dia juga mengatakan, saat ini kita berupaya menambah jaringan, untuk mempererat data-data pengamatan hujan, ketinggian air laut dan lainnya.

Pejabat Gubernur Kepulauan Babel Ridwan Djamaluddin memberikan tugas pada BMKG Babel untuk ikut menyukseskan G20, karena Pulau Belitung yang menonjol adalah pariwisata seperti Pulau Lengkuas, di mana memerlukan informasi terkait cuaca baik atau tidak untuk mengunjungi pulau.

"Nanti sangat diperlukan itu, apalagi pasti turis ataupun tamu-tamu yang datang misalnya mau ke Pulau Lengkuas. Kan bahaya kalau misalnya ternyata cuacanya buruk dan kita tidak tahu akan hal itu," katanya.

Menurut dia gubernur sebelumnya, Erzaldi Rosman dulu meminta untuk mendisplay prakiraan cuaca terkini di bandara, pelabuhan objek wisata dan Hotel Sheraton Belitung.

"Kita harus mempersiapkan pelaksanaan G20 ini sebaik mungkin, agar G20 di Pulau Belitung ini berjalan dengan baik," ujarnya.