Bagikan:

JAKARTA - Ibu kota Provinsi Jawa Tengah, Semarang, merupakan kota yang memiliki banyak tempat wisata bersejarah. Tempat-tempat wisata tersebut dipengaruhi dengan budaya berbeda, mulai dari Indonesia, China, hingga Belanda.

Bagi Anda yang ingin menghabiskan waktu liburan ke Semarang, berikut beberapa rekomendasi tempat wisata bersejarah yang wajib untuk dikunjungi.

1. Lawang Sewu

Dilansir dari situs Indonesia Travel, Lawang Sewu merupakan tempat wisata bersejarah yang terkenal di Semarang. Lokasinya berada di Jalan Pemuda, Kota Semarang.

Dalam bahasa Jawa, lawang berarti pintu, sedangkan sewu berarti seribu. Bangunan ini memiliki banyak pintu dengan simetris, yang sering dijadikan sebagai tempat foto para pengunjung.

Lawang Sewu awalnya digunakan sebagai kantor pusat perusahaan kereta api swasta dan menjadi bukti sejarah perkembangan kereta api di Indonesia. Namun, saat ini Lawang Sewu tidak beroperasi lagi, melainkan ditetapkan sebagai museum wisata.

2. Kota Lama

Jika ke Semarang, tidak akan lengkap rasanya jika belum mengunjungi kawasan Kota Lama. Kawasan ini dipenuhi dengan gedung-gedung tua peninggalan Hindia Belanda yang usianya sudah ratusan tahun.

Gedung-gedung tersebut muncul berawal dari kesepakatan antara Kerajaan Mataram Islam dengan Belanda di abad ke-17. Belanda melalui VOC saat itu berhasil membantu menghadapi pemberontakan sehingga diberikan imbalan Kota Semarang, yang kemudian membangun berbagai gedung.

3. Kompleks Kuil Sam Poo Kong

Sam Poo Kong adalah tempat wisata bersejarah yang dibangun untuk mengenang Laksamana Cheng Ho, seorang penjelajah yang berasal dari Tiongkok. Kuil ini dibangun pada abad ke-15 dan ditandai sebagai kuil China tertua di Simongan, Semarang.

Kuil Sam Poo Kong (Instagram/wisata.sampookong)

Kuil Sam Poo Kong merupakan simbol perpaduan budaya China dengan adat Jawa. Waktu terbaik untuk mengunjungi kuil ini adalah pada bulan keenam dalam kalender lunar. Selama waktu itu sebuah festival akan diadakan untuk memperingati kedatangan laksamana Cheng Ho di Semarang, salah satunya acara orang-orang mengararak patung Cheng Ho dari kuil Tay Kak Sie ke Sam Poo Kong.