7 Cara Menjaga Kesehatan Mulut Saat Puasa Ramadan Agar Tak Bau
Ilustrasi gosok gigi (Diana Polekhina/Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Menjaga kesehatan mulut saat puasa adalah hal penting. Tak ada alasan untuk tidak menjaga kesehatan area gigi dan mulut terlebih saat puasa karena jika tidak akan memicu masalah seperti bau mulut tidak sedap, gusi berdarah, sariawan, dan berbagai masalah lain.

Menjaga kesehatan mulut ketika puasa juga harus dilakukan setiap hari. Sayangnya kesadaran menjaga kesehatan gigi dan mulut masih kerap diabaikan.

Menjaga Kesehatan Mulut Saat Puasa

Menjaga kesehatan mulut saat puasa butuh tindakan yang lebih teliti. Berikut ini beberapa tips agar mulut tetap sehat dan segar.

  1. Banyak Minum Air Putih

Air putih punya pengaruh terhadap kesehatan mulut. Saat tubuh mengalami dehidrasi atau kurang cairan, maka mulut akan lebih mudah kering. Saat itu terjadi mulut akan mengeluarkan bau yang tidak sedap bahkan memicu lubang di gigi.

Agar tak kurang cairan usahakan untuk minum 8 gelas air putih atau setara 2 litar. Cara minumnya juga harus bertahap, dimulai dari 2 gelas saat buka puasa, 2 gelas setelah shalat isya/tarawih, 2 gelas sebelum tidur, dan 2 gelas saat sahur.

  1. Kontrol Asupan Gula

Saat buka puasa memang disarankan untuk minum atau makan yang manis seperti kurma. Namun asupan gula tetap harus diperhatikan alias tidak boleh berlebihan. Asupan gula terlalu banyak yang tidak diimbangi dengan menajaga kebersihan gigi akan membuat masalah. Beberapa masalah yang dipicu oleh gula seperti gigi berlubang.

  1. Banyak Makan Serat Sayur dan Buah

Menjaga kesehatan gigi dan mulut ketika puasa salah satunya dilakukan dengan makan buah dan sayur, khususnya yang mengandung vitamin C. Vitamin tersebut membantu mencegah sariawan dan infeksi. Selain itu vitamin C membantu menjaga imun tetap kuat.

  1. Sikat Gigi dengan Benar

Sikat gigi harus dilakukan dengan benar. Cara gosok gigi yang keliru kadang membuat sisia makanan tidak benar-benar bersih. Selain itu cara yang keliru justru akan melukai gusi. Salah satu tips gosok gigi yang benar adalah dengan kepala sikat yang kecil dan berbulu halus.

Sikat gigi yang benar akan menghindarkan sisa makanan yang terselip di gigi membusuk hingga memicu lubang di gigi. Selama puasa, gosok gigi dua kali sehari yakni sebelum tidur dan sesudah sahur.

  1. Bersihkan Lidah

Membersihkan gigi memang penting, namun jangan sampai lupa membersihkan lidah. Organ ini berpotensi jadi tempat berkembangnya bakteri penyebab bau mulut. Gunakan sikat lidah khusus atau tongue cleaner agar lebih bersih.

  1. Hindari Kebiasaan Merokok

Jika sampai sekarang kebiasaan merokok masih dilakukan, disarankan untuk segera menghentikannya. Rokok memicu perubahan warna pada gigi. Selain itu zat kimia yang terkandung pada rokok akan mengendap di area mulut hingga memicu munculnya bakteri.

  1. Rutin Cek ke Dokter

Kesehatan gigi tidak akan maksimal jika pemeriksaan dokter tidak dilakukan secara rutin. Pasalnya masalah yang ada pada gigi dan area mulut hanya bisa diketahui dengan cara dilihat secara langsung oleh dokter gigi. Usahakan agar rutin cek gigi ke dokter. Disarankan pula untuk scaling setidaknya enam bulan sekali.

Itulah beberapa tips menjaga kesehatan mulut saat puasa. Kunjungi VOI.id untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.